10 Fakta Tentang Ganja Agar Kamu Tidak Coba-Coba

Ganja adalah salah satu jenis zat adiktif yang dapat merusak kita baik secara fisik maupun psikis. Ganja merupakan obat depresan yang dibuat dari daun cannabis. Zat yang ditemukan di dalam ganja adalah THC (delta 9 tetrahidrokanibinol).

Zat tersebut merupakan salah satu dari 400 zat kimia yang ditemukan di dalam ganja dan zat tersebut dapat menyebabkan efek perubahan suasana hati. Ganja disebut juga sebagai obat depresan karena ganja dapat mempengaruhi sistem saraf dengan cara membuat lambat sistem saraf.

Berikut adalah 10 fakta tentang ganja yang dihimpun dari buku “ADVOKASI PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA, BNN-RI 2009” agar kamu tidak coba-coba untuk memakainya :
1. Memakai ganja adalah perbuatan melanggar hukum. Kamu akan sulit mendapatkan pekerjaan jika pernah dihukum.

2. Ganja bebahaya. Menghisap ganja meningkatkan resiko kanker dan kerusakan paru-paru. Juga menyebabkan panik, cemas, dan ”parno” (perasaan yang seperti dikejar orang).

3. Ganja mengurangi kemampuan melakukan aktivitas, terutama yang membutuhkan koordinasi dan konsentrasi, seperti olah gara, menari, latihan drama, dan belajar.

4. Memakai ganja mengurangi penilaian orang lain terhadap dirimu. Coba pikir jika kamu berpakaian rapi lalu ada ganja di tanganmu, apa yang kamu lakukan?

5. Ganja membatasi dirimu. Ganja mengganggu sekolahmu, hubunganmu dengan keluarga dan kehidupan sosial.

6. Ganja mengganggu cara berfikir dan menilai sesuatu. Hal ini sangat mengundang resiko, seperti kecelakaan, dan kekerasan.

7. Menghisap ganja tidak menjadikanmu keren (cool). Justru sebaliknya, penampilanmu lusuh.

8. Ganja menyebabkan ketergantungan. Kamu merasa selalu membutuhkan ganja, dan sulit melepaskan diri darinya.

9. Menghisap ganja bukan menyelesaikan masalah. Ganja tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan masalah akan lebih berat, karena kamu tidak berusaha mencari penyelesaiannya. Bicarakan masalahmu dengan orang lain yang kamu percayai. Jangan percaya kepada orang yang berkata, bahwa ganja tidak berbahaya atau akan menjadikan hidupmu lebih baik.

10. Tidak semua orang memakai ganja. Kamu tidak membutuhkannya. Jika kamu pikir semua orang memakai ganja, kamu keliru. Di Amerika Serikat lebih dari 80% remaja 12-17 tahun belum pernah memakai ganja. Ganja tidak menjadikanmu bahagia, populer ataupun dewasa.

 

Baca juga: Merokok Tidak Membunuhmu Bila Kamu Mempunyai Kebiasaan ini

(Visited 211 times, 2 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *