10 Fakta Unik tentang Kentut

Kentut atau buang angin adalah salah satu anugerah yang patut kita syukuri. Kenapa? Karena dengan kentutlah gas-gas yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh kita bisa terbuang. Ini menandakan bahwa sistem pencernaan kita berjalan dengan lancar dan berfungsi dengan baik.

Jika kentut sampai tidak bisa keluar, maka tubuh kita akan mengalami hal buruk yang mengakibatkan beberapa penyakit terutama pada sistem pencernaan seperti lambung.

Berikut adalah 10 fakta unik tentang kentut yang mungkin belum anda ketahui :
1. Kentut bisa mengindikasikan masalah pada usus dan lambung

Gas kentut yang keluar memang membuat tubuh kita sehat. Akan tetapi jika kentut berlebihan bisa menyebabkan penyakit lambung dan usus, maka dari itu kentut bisa menjadi tanda untuk mengetahui masalah pada usus dan lambung anda.

2. Kentut yang tak berbau

Kentut yang tak berbau memang semua orang pernah mengalaminya. Dan fakta dari kentut yang tak berbau tersebut disebabkan karena seseorang menelan udara ke dalam sistem pencernaan.

3. Kentut yang berbau

Kentut yang berbau dikarenakan seseorang makan – makanan yang banyak mengandung sulfat. Biasanya makanan yang mengandung sulfat, terdapat pada brokoli, almond dan kembang kol serta zat sulfur. Selain itu kentut yang berbau juga disebabkan oleh mercaptans yang banyak terdapat pada daging – dagingan dan susu.

4. Berapa kali kentut dikeluarkan oleh seseorang?

Tahukah anda bahwa rata-rata orang mengeluarkan kentut sebanyak 10 kali bahkan lebih dalam kurun waktu sehari.

5. Berapa Banyak gas kentut yang dikeluarkan pada umumnya?

Hampir setiap orang bisa mengeluarkan hingga 2 liter gas kentut dalam waktu 24 jam. Mungkin hal demikian belum terlintas dalam pikiran Anda untuk mengukur sendiri, seberapa banyak gas kentut yang anda keluarkan setiap harinya.

6. Pria lebih sering mengeluarkan kentut dibandingkan kaum wanita

Mengapa pria itu lebih sering kentut dibandingkan wanita..?, Karena Seorang pria lebih cepat dalam mengkonsumsi makanan dibandingkan wanita.

7. Sering mengunyah permen karet dapat menyebabkan kentut

Berdasarkan penelitian American College of Gastroenterology, mengunyah permen karet atau menghisapnya, akan membuat seseorang lebih sering mengeluarkan gas kentut dibandingkan orang yang tidak mengunyah permen karet sama sekali. Sehingga hal demikian menjadi fakta bahwa orang yang suka permen karet akan lebih sering mengeluarkan gas kentut.

8. Gas kentut bisa terbakar

Kenapa gas kentut bisa terbakar?, Ya, gas kentut bisa terbakar karena mengandung metana dan hydrogen yang apabila disodorkan dengan korek api, maka akan menyalakan api warna biru. Mungkin anda pernah melihat hal ini dilakukan oleh orang – orang atau teman yang ada di sekitar, ini memang benar – benar bisa terjadi.

9. Gas kentut bisa berbunyi

Seseorang yang memiliki lubang anus besar biasanya tidak bersuara saat mengeluarkan gas kentut. Dan sebaliknya, Bahwa orang yang memiliki lubang anus kecil, akan bersuara keras ketika mengeluarkan gas kentut. Sekarang anda pasti sudah tahu tentang penyebab orang yang mengeluarkan bunyi gas kentut dengan suara keras dan tidak.

10. Seberapa kuat kita bisa menahan kentut?

Seberapa kuat kita bisa menahan gas kentut yang akan keluar tergantung dari seberapa kuat otot sphincter kita yang terdapat di dalam anus.

(Visited 59 times, 1 visits today)

Comments

comments