10 Situs Web yang Paling Sering Dikunjungi di Indonesia Bulan ini!

Pidipedia.com-Berdasarkan data web traffic yang dirilis situs Alexa.com, yaitu sebuah web yang bekerja mengumpulkan data jumlah kunjungan para pengguna internet dalam mengunjungi sebuah situs web secara global dari sekitar 30 juta situs web yang terdaftar.

Berikut merupakan 10 web yang paling sering dikunjungi di Indonesia edisi 30 Nopember 2015:

1. Google.com

peringkat alexa

Google berdiri pada tanggal 4 September 1998, merupakan sebuah situs web yang berfungsi sebagai mesin pencari yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin.

peringkat alexaPernyataan misinya adalah “mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang” dan slogan tidak resminya adalah “Don’t be evil”.

Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.


2. Google.co.id

peringkat alexa

Peringkat ke-2 masih diduduki oleh Google, bedanya cuma akhiran com dan co.id saja. Maksudnya com itu top level domain untuk public website yang bersofat komersil atau korporat.

peringkat alexaSedangkan .co.id itu merupakan subdmain korporat dari top level domain negara .id (Indonesia). Google juga tersedia dalam subdomain dari berbagai Negara, seperti untuk di Inggris ialah Google.co.uk dan lain-lain.


3. Facebook.com

peringkat alexa

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. 

peringkat alexa

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Amerika, yaitu Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.


4. Youtube.com

peringkat alexa

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California.

peringkat alexa

Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.


5. Yahoo.com

peringkat alexa

Yahoo! Inc. (NASDAQ: YHOO) adalah sebuah perusahaan Internet multi nasional yang berpusat di Sunnyvale, California, USA. Didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibentuk pada 1 Maret 1995.

peringkat alexa

Pada tanggal 16 Juli 2012, mantan eksekutif Google, Marissa Mayer, ditunjuk sebagai CEO dan Presiden Yahoo!, efektif 17 Juli. Yahoo telah mengangkat satu CEO setiap tahun selama lima tahun terakhir.

Menurut sumber berita, sekitar 700 juta orang mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap bulannya. Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik “lebih dari setengah miliar pengunjung setiap bulannya ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa.”


6. Detik.com

peringkat alexa

Detik merupakan situs web dari Indonesia yang berada pada posisi teratas diantara situs web asal Indonesia lainnya pada bulan ini. Detik.com merupakan sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia.

peringkat alexa

Sejak tanggal 3 Agustus2011, detikcom menjadi bagian dari  PT Trans Corporation salah satu anak perusahaan CT Corp.


7. Kaskus.co.id

peringkat alexa

Kaskus juga merupakan situs web dari Indonesia yang berarti menduduki urutan ke-2 setelah Detik.com. Kaskus sendiri merupakan singkatan dari Kasak-Kusuk, ialah situs forum komunitas maya terbesar nomor 1 di Indonesia yang lahir pada tanggal 6 November 1999. Didirikan oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan.

peringkat alexa

Kaskus didirikan ketika mereka sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 6 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting.


8. Liputan6.com

peringkat alexa

Merupakan portal berita online yang berdasarkan program berita SCTV, Liputan6. Situs ini diluncurkan sejak tanggal 24 agustus 2000 dan dikelola oleh PT. Kreatif Media Karya, anak perusahaan Elang Mahkota Teknologi.

peringkat alexa

Situs ini menyajikan berita-berita dengan “Aktual, Tajam, dan Terpercaya”.


9. Kompas.com

peringkat alexa

Berawal dari Harian Kompas, yaitu sebuah nama surat kabar Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta. Koran Kompas diterbitkan oleh PT Kompas Media Nusantara yang merupakan bagian dari Kelompok Kompas Gramedia (KG).

peringkat alexa

Untuk memudahkan akses bagi pembaca di seluruh dunia, Kompas juga terbit dalam bentuk daring bernama Kompas.com.


10. WordPress.com

peringkat alexa

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine).

Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuahCMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

peringkat alexa

WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times,TechCrunch, dan lainnya.


Itulah 10 situs web yang paling sering dikunjungi di Indonesia.

Bagaimana dengan situs web dari Indonesia? Inilah 10 Situs Web Indonesia yang Paling Populer di Bulan Nopember 2015

Baca juga: 

(Visited 726 times, 3 visits today)

Comments

comments

One Comment

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *