4 Tips Agar Akun Online Anda Aman dari Hacker

Pidipedia.com – Hacker atau peretas adalah momok bagi siapa saja yang mempunyai aktifitas di dunia maya, baik aktifitas yang ada hubungannya dengan pekerjaan atau hanya sekedar berselancar di media sosial.

Sering ditemukan kasus akun media sosial seseorang dibajak lalu digunakan untuk memposting hal-hal yang merugikan tanpa sepengetahuan si pemilik akun. Jika tidak segera diklarifikasi, maka nama yang bersangkutan bisa tercemar dan jadi sasaran salah bully dari para pengguna media sosial yang lainnya.

Untuk mengantisipasi agar akun Anda relatif aman dari serangan hacker, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Gunakan Password yang Kuat

Memakai kata sandi yang kuat disetiap akun-akun yang kita miliki adalah suatu keharusan. Seringkali kebanyakan dari kita menganggap remeh tips yang satu ini dan hanya menggunakan kata sandi yang sederhana yang mudah diingat, misalnya tanggal lahir. Mulai sekarang, lebih baik hal sepele ini anda benahi. Segera ganti kata sandi anda dengan yang lebih kuat lagi. Masukkan beberapa kombinasi antara angka, huruf dan simbol. Pastikan password anda tidak mudah ditebak oleh orang lain atau orang terdekat.

2. Gunakan Password yang Berbeda untuk Setiap Akun

Memiliki banyak akun online membuat sebagain orang lebih memilih untuk memakai kata sandi yang sama di setiap akunnya, baik di media sosial, email maupun website/blog. Hal ini sangat berbahaya, terlebih jika akun-akun yang anda miliki itu sangat penting. Ketika ada salah satu akun anda yang sukses dibobol, semua akun anda yang lain juga akan disikat habis oleh si hacker.

3. Gunakan Aplikasi Pengelola Password

Sesudah menjalankan kedua tips sebelumnya, anda yang mempunya banyak akun online akan dihadapkan lagi dengan masalah yang cukup rumit, yaitu pengelolaan password. Kata sandi yang sulit dihafalkan dan berbeda-beda dari satu akun dengan akun lainnya pasti membuat anda kebingungan. Tapi tenang saja, sekarang banyak sekali aplikasi-aplikasi gratisan yang memiliki kegunaan untuk mengelola password anda. Penulis menyarankan agar anda menggunakan software seperti Roboform atau LastPass. Ke dua aplikasi ini sangat pupuler dikalangan para netter.

4. Gunakan Double Email

Hacker biasanya akan mengincar email utama dari suatu akun. Karena email utama ini sifatnya terbuka, tentu akan dengan gampang si pembobol membongkar login anda ke suatu akun. Untuk itulah, jangan pernah ragu untuk membuat email lebih dari satu. Yang satu jadikanlah email utama, sedang yang lain sembunyikan saja tanpa ada seorang pun yang mengetahuinya. Dengan mempraktekkan hal ini, anda akan bisa merecovery password suatu akun yang berhasil dibobol melalui email utama. Cukup memanfaatkan pilihan “Lupa kata sandi” yang pasti ada di setia form login, anda bisa menguasai akun anda lewat email lain yang belum diketahui oleh si hacker.

Baca juga:

(Visited 36 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *