5 Aksi Kepahlawanan yang Mengharukan

Pahlawan identik diartikan sebagai seorang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi membela bangsa dan negaranya. Namun secara etimologi, kata pahlawan berasal dari bahasa Sanskerta (phala), yang bermakna hasil atau buah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan berarti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani.

Jadi gelar pahlawan bukan hanya bagi mereka yang telah berjuang membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara saja, tapi bisa juga diberikan pada orang yang telah mengorbankan harta, jiwa dan raganya untuk membela seseorang atau sekelompok orang dalam hal kebenaran (demi kemanusiaan).

Berikut merupakan 5 Aksi Kepahlawanan yang dilakukan seseorang untuk kemanusiaan:


1. Arland Williams

Aksi kepahlawanan
Ketika pada tanggal 13 Januari 1982 pesawat Air Florida penerbangan 90 jatuh ke sungai Potomac yang membeku setelah gagal tinggal landas dari Washington Airport, hanya 6 orang yang berhasil selamat. Tetapi meskipun selamat dari kecelakaan pesawat, nyawa mereka berenam pasti akan segera menyusul para penumpang yang lain apabila tidak segera mendapatkan pertolongan karena mereka terjebak dalam badai salju di tengah sungai yang membeku.
aksi kemanusiaan
Harapan mulai muncul setelah sekitar 20 menit kemudian sebuah helikopter penyelamat datang menolong. Tetapi penyelamatan itu tidaklah mudah karena selain cuaca buruk mereka juga dikejar waktu. Semakin lama para penumpang berada di dalam air beku, kesadaran mereka akan semakin berkurang.

Setelah membawa seorang penumpang ke tempat yang aman, para penyelamat melemparkan tali kepada Arland Williams karena kondisinya yang terparah, namunArland menolak dan memberikannya kepada penumpang lain. Begitu seterusnya hingga penumpang kelima. Ketika helikopter kembali untuk menjemputnya, Arland sudah meninggal dunia. Tidak ada yang pernah tahu kenapa Arland mau mengorbankan nyawanya.


2. Miki Endo dan Takeshi Miura

aksi kepahlawanan
Tsunami yang melanda Jepang pada tahun 2011 menyisakan kisah kepahlawanan dua orang manusia, Miki Endo dan Takeshi Miura. Kedua orang ini adalah pegawai kota Minami-Sanrikucho yang bekerja di bagian manajemen bencana. Pada hari bencana itu datang, kedua orang itu membunyikan sirine tanda bahaya dan berulang-ulang menyampaikan pesan melalui siaran loud speaker kota, “Tsunami setinggi 10 meter akan segera tiba, segera cari perlindungan ke tempat yang tinggi.” Sekitar 30 menit kemudian, ombak tinggi menghantam pantai.
aksi kepahlawanan
Pada hari itu, 5 orang pegawai berada di kantor tempat Miki dan Takeshi bekerja. Sebelum ombak sampai di pantai, sebenarnya pegawai yang lain sudah memperingatkan mereka untuk naik ke lantai atas kantor. Namun karena loud speaker hanya bisa diakses di lantai bawah, mereka menolak naik. Siaran kedua orang pegawai teladan ini pun terhenti setelah nyawa mereka melayang terseret ombak. Sekitar 17.000 penduduk kota menangisi kepergian mereka.


3. Dr. Liviu Librescu

aksi kepahlawanan
Dr. Liviu Librescu adalah seorang dosen yang mengajar di Virginia Tech University, sebuah kampus tempat tragedi yang membuat orang merinding. Pada tanggal 16 April 2007, seorang mahasiswa bernama Seung-Hui Cho menembak mati 32 orang dan melukai 17 lainnya sebelum membunuh dirinya. Penembakan ini adalah peristiwa penembakan di sekolah yang paling mematikan sepanjang sejarah Amerika.
aksi kepahlawanan
Sesaat setelah mendengar suara tembakan, Dr. Librescu sadar bahwa semua mahasiswa di dalam kelasnya sedang dalam bahaya. Tanpa berpikir panjang, dosen berusia 76 tahun yang berasal dari Rumania ini mengunci pintu kelas dan menahannya dengan tubuh tuanya. Usaha ini tidak sia-sia karena Hui Cho akhirnya gagal masuk ke dalam kelas tersebut, meskipun Dr. Librescu harus menerima 5 peluru termasuk 1 peluru di kepala.


4. Oleg Ivanovich Okhrimenko

aksi kepahlawanan
Sebagai seorang anggota polisi, nama Oleg Ivanovich Okhrimenko menjadi legenda di Rusia karena keberaniannya. Polisi yang mendapat gelar panjang ‘Senior Operations Officer of the Omsk Special Rapid Response Detachment’ ini memperolehnya ketika bertugas menangkap seorang penjahat berbahaya yang bersenjatakan pistol dan sebuah granat.
aksi kepahlawanan
Ketika penjahat itu mencoba melarikan diri bersama seorang sandera wanita, pasukan Oleg segera berusaha menangkapnya. Menyadari dirinya telah dikepung satuan polisi khusus, penjahat itu melempar granat yang dipegangnya. Tanpa berpikir panjang, Oleg melompat ke atas granat tersebut dan menahan ledakan dengan tubuhnya. Karena keberaniannya, Oleg tidak hanya menyelamatkan rekan satu timnya tetapi juga para penduduk di sekitar tempat kejadian dan sandera wanita tersebut.


5. Muelmar Magallanes

aksi kepahlawanan
Pada tahun 2009 yang lampau, terjadi banjir besar yang menimpa Filipina. Pada saat itu, ada seorang remaja yang berumur 18 tahun, Muelmar Magallanes. Ia mengambil inisiatif dengan mengikat sebuah tali ke pinggangnya dan menyelamatkan belasan orang hingga akhirnya karena terlalu lelah ia terbawa arus.
aksi kepahlawanan
Hal ini dimulai dengan ia menyelamatkan keluarganya, tetangganya, dan tetangga-tetangganya lagi. Di akhir penyelamatannya, ia melihat seorang ibu dan anaknya yang terbawa arus, ia langsung masuk lagi ke dalam arus dan menyelamatkan ibu dan anak tersebut hingga akhirnya karena terlalu lelah ia tidak dapat melawan arus dan meninggal terbawa arus.


Baca juga:
Mengenang Hari Sumpah Pemuda Beserta Tokoh-tokohnya

(Visited 88 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *