5 Ayat Al-Quran yang Insya Allah Dapat Melancarkan Rezeki

Al-Quran adalah kitab suci yang berisi firman Allah SWT yang menjadi pedoman hidup bagi kaum muslimin di seluruh dunia. Di dalamnya terdapat ayat-ayat yang menyimpan rahasia-rahasia hidup yang seharusnya dipelajari dan diamalkan oleh manusia.

Allah SWT menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap dan isinya meliputi seluruh aspek kehidupan. Setiap ayat memiliki keutamaan masing-masing dari berbagai segi. Tidak hanya dijadikan sebagai pedoman untuk menuntun dalam menjalani kehidupan.

Membaca beberapa ayat di dalam Al-Qur’an juga memiliki keutamaan dapat melancarkan rezeki. Berikut adalah ayat-ayat tersebut:

1. Al-Qur’an Surat Ar-Ra’d:11

Ayat pertama yang bisa mengundang kekayaan terdapat dalam Surat Ar-Ra’d ayat 11. “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (Q.S. Ar-Ra’d:11)

2. Al-Qur’an Surat Al-Baqarah:216

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Tetapi boleh Jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh Jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui. ” (Q.S. Al-Baqarah:216)Banyak orang akan merasa kecewa jika mendapatkan sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Padahal sebenarnya Allah SWT yang mengetahui segala sesuatu yang baik dan buruk bagi umatnya. Maka dari itu, berprasangka baiklah kepada Allah yang Maha Mengetahui.
3. Al-Qur’an Surat Al-Baqarah: 286

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat pahala (dari kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat siksa (dari kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau membebani Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Ma’afkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

4. Al-Qur’an Surat Al-Insyirah: 5 – 6

“5. Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. 6. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan“.

Tafsir surat Al-Insyirah ayat 5-6: Kedua ayat ini berisikan kabar gembira untuk Nabi Muhammad SAW yakni setiap kali mengalami kesulitan, maka Beliau akan memperoleh kemudahan setelahnya. Seberapapun kesusahan yang dialami, maka setelahnya Beliay akan merasakan kemudahan.

5. Al-Qur’an Surat Ath-Thalaq: 2-3

” 2. Maka apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujuklah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah pengajaran itu diberikan bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. 3. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.”

 

Baca juga: Ciri-Ciri Orang yang Telah Mengalami Pencerahan Spiritual

(Visited 2.576 times, 7 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *