5 Fakta Unik Tentang Doraemon

Siapa yang tidak kenal Doraemon? Robot pintar yang punya segudang alat di kantong ajaibnya ini telah menemani hari minggu anak-anak Indonesia dari generasi ke generasi. Tapi, ternyata Doraemon punya banyak rahasia yang mungkin belum diketahui oleh kebanyakan penggemarnya.

Apa sajakah itu? Berikut adalah diantaranya:

1. Siapa Nama Asli Doraemon?

Nama Doraemon sendiri jika diterjemahkan berarti kucing liar jantan. Kata ini berasal dari kata “Dora” dan “Emon”. Di mana Dora berasal dari kata “Nora” atau “Nora-Neko” yang berarti kucing liar, sedangkan “Emon” mengarah pada binatang jantan. Meski begitu, ternyata Doraemon punya nama asli yakni MS-903, dan dengan nama inilah ia dipanggil oleh sang pemilik pabrik robot tempat dia produksi.

2. Kenapa Doraemon Tak Memiliki Telinga?

Penggemar saat ini melihat, jika Doraemon adalah sebuah tokoh kartun animasi bulat tanpa telinga. Padahal, awalnya Doraemon adalah robot yang juga memiiki telinga lengkap. Doraemon harus kehilangan telinganya saat ia selalu ceroboh dalam seluruh tes pelatihan robot. Sehingga akhirnya ia ditugaskan untuk menjadi penjaga bayi. Setelah bayi itu besar, ia membuat robot tikus. Tapi, ternyata robot tikus tersebut justru memakan telinga Doraemon hingga ia harus menjalai operasi. Sayang telinganya tidak bisa di kembalikan, meski tidak lagi mempunyai telinga pendengaran Doraemon sama sekali tidak terganggu.

3. Kenapa Doraemon Berwarna Biru?

Doraemon dalam kisahnya ternyata mempunyai pacar bernama Noramyako. Tapi, hubungan mereka harus berakhir setelah kecelakaan yang mengakibatkan Doraemon. Saat itu, Noramyako memutuskan Dorameon karena dianggap terlalu pendek darinya. Setelah pulih, Doraemon terus meratapi bentuk tubuhnya yang tidak sempurna, dan terus manangis. Kemudian sang adik, Dorami mengusulkan Doraemon untuk memium cairan penyemangat. Akan tetapi, karena kecerobohannya, ia malah meminum cairan penyedih. Akibatnya Doraemon selalu menangis dan mengakibatkan warna aslinya yang tadinya kuning menjadi luntur hingga berubah menjadi biru. Tidak hanya itu, suaranya pun menjadi serak karena menangis terlalu kencang.

4. Berapa Kapastitas Kantong Ajaib Doraemon?

Kantong ajaib Doraemon memang telah menjadi andalan bagi tokoh animasi asal Jepang yang satu ini. Kurang lebih telah ada 4500 alat telah dikeluarkan dari kantongnya dari episode pertama hingga saat ini. Alat yang paling popular adalah “Doko Demo Doa” (Pintu ke mana saja), Take Copter (Baling-baling Bambu), dan Time Machine (Mesin Waktu).

5. Kapan Hari Ulang Tahun Doraemon?

Meski telah hampir satu abad tayang di layar televisi, pada kenyataannya Doraemon sebenarnya ternyata belum lahir. Seperti diketahui, Doraemon merupakan sebuah robot kucing yang berasal dari masa depan. Doraemon dibuat oleh perusahaan robot Matsushiba yang baru akan selesai diproduksi pada 2 September 2112.

 

Baca juga: 5 Fakta Unik Tentang Lionel Messi

(Visited 76 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *