5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Usus

Usus merupakan salah satu bagian penting di dalam tubuh, karena usus yang sehat menjadi dasar kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Usus adalah saluran utama dalam sistem pencernaan tubuh kita. Kesehatan usus sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk itu sangat penting bagi kita memilih makanan sehat yang dapat membantu proses pencernaan.

Berikut adalah 5 makanan yang baik untuk kesehatan usus Anda:

1. Probiotik
probiotik
Organisme hidup yang terdapat dalam probiotik membantu memecah dan menghapus limbah dari tubuh Anda. Mereka juga menjaga bakteri jahat merusak tubuh. Probiotik sebaiknya dikonsumsi jika Anda mengalami kesulitan pencernaan, seperti diare atau kembung. Makanan fermentasi, seperti yoghurt atau kefir bisa membantu memberikan dorongan bakteri baik yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan sistem tubuh Anda.

2. Sayuran berdaun gelap
sayuran gelap
Ada banyak variasi lain sayuran gelap seperti collard hijau, kale dan romaine. Makanan nabati ini memberikan banyak serat yang membantu kerja usus Anda bersama dengan folat dan sejumlah vitamin dan mineral.

3. Bawang putih
 bawang putih
Bawang putih telah lama diketahu karena sifat antibakteri alaminya. Penelitian kecil telah menghubungkan peningkatan konsumsi bawang putih untuk menurunkan misalnya adenoma, pertumbuhan non-kanker dalam usus besar. Senyawa alami dalam bawang putih, seperti selenium, arginin dan ajoene bertanggung jawab atas manfaat kesehatan potensial yang mencakup menghapus limbah dari tubuh dan membantu dalam mekanisme perbaikan diri tubuh Anda.

4. Biji rami
biji rami
Biji rami mengandung fitonutrien dalam bentuk lignan. Mereka juga membantu untuk mengatur buang air besar dan merupakan sumber alami asam lemak omega 3.

5. Kacang-kacangan
kacang kacangan
Kacang rendah lemak kaya akan sumber protein nutrisi yang akan memberi makan bakteri baik dalam usus Anda. Kacang juga merupakan sumberfolat dan antioksidan serta phytochemical lignan dan saponin yang baik.

 

Baca juga: 5 Makanan yang Dianggap Sehat Padahal Tidak

(Visited 48 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *