5 Makanan yang Dianggap Sehat Padahal Tidak

Seringkali kita menjadi korban iklan dan mitos di kalangan masyarakat tentang sehat atau tidaknya jenis makanan tertentu. Apalagi jika makanan tersebut merupakan bagian dari produk komersial perusahaan besar.

Untuk menentukan makanan sehat atau tidak harus dilihat dari bahan dasar yang digunakan. Memang, beberapa makanan olahan terbuat dari bahan-bahan sehat dan bernutrisi. Namun beberapa zat atau bahan tambahan inilah yang bisa menjadi sumber penyakit yang tersembunyi.

Inilah daftar makanan yang dianggap sehat padahal bisa berakibat buruk bagi kesehatan:
1. Diet Soda

Mengonsumsi soda setiap hari dapat meningkatkan risiko pria terkena kanker prostat hingga 40 persen. Hal ini berdasarkan penelitian di American Journal of Clinical Nutrition. Lantas bagaimana dengan diet soda? Ternyata tidak lebih baik. Bahkan bisa jadi lebih buruk. Pemanis buatan dalam diet soda menipu tubuh Anda dan menyebabkan lonjakan insulin yang bisa berubah menjadi lemak. Konsumsi soda meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

2. Oatmeal Instan

Oatmeal instan berbahaya bagi kesehatan karena mengandung banyak gula.

3. Buah Kering

Buah kering tampaknya seperti makanan ringan yang tidak berbahaya, tapi buah kering mengandung sulfur dioksida untuk menjaga kesegaran dan tambahan gula untuk mempermanis rasa. Selain itu, bahan kimia itu membuat buah kering lebih mirip dengan permen.

4. Minuman Berenergi

Minuman energi pada dasarnya hanya air gula dan makanan buatan dengan pewarna. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal obesitas menyebutkan orang yang minum satu atau lebih minuman energi setiap hari akan bertambah berat badannya daripada mereka yang tidak mengonsumsi minuman ini.

5. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak memang bisa membantu Anda menyingkirkan lemak. Tetapi Anda juga akan kehilangan vitamin esensial plus tekstur serta rasa.

 

Baca juga:

5 Makanan Berlemak Tapi Bisa Bikin Kurus

Banyak Makan Ikan Bisa Mengurangi Resiko Depresi

Fakta-fakta Unik Tentang Sarapan Pagi

(Visited 83 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *