5 Tips Menghindari Stres Akibat Kehilangan Pekerjaan

Kehilangan pekerjaan, baik berupa PHK (pemutusan hubungan kerja) atau bangkrutnya usaha, bisa terjadi pada siapa saja. Tidak ada jaminan kita akan dapat bekerja selamanya di suatu perusahaan/instansi, atau usaha kita berjalan seperti yang kita harapkan.

Kebanyakan dari kita, di tengah kondisi menganggur setelah kehilangan pekerjaan, mulai tak sabaran menunggu sampai sebuah pekerjaan impian lain datang. Wajar, sebab pekerjaan adalah sarana untuk menopang keluarga, untuk membayar tagihan dan memenuhi kebutuhan.

Berikut ini adalah 5 tips bagaimana menghindari stres akibat kehilangan pekerjaan:
1. Persiapkanlah diri Anda

Cara terbaik untuk menangani situasi buruk yang dapat menimbulkan stres, termasuk stres akibat kehilangan pekerjaan, adalah dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi sesuatu yang tak diinginkan terlebih dahulu. Siapapun yang telah bekerja untuk waktu yang cukup lama, harus memiliki tabungan dalam bentuk cair untuk minimal 3 bulan gaji terakhir mereka ditarik.

2. Hadapi perasaan Anda

Terlepas dari semua persiapan, ketika Anda kehilangan pekerjaan sebenarnya wajar saja jika merasa sedih. Namun Anda harus menghadapinya, karena cara ini lebih mudah untuk keluar dari rasa sedih tersebut. Berbicara dengan teman terpercaya dan anggota keluarga, bagi ketakutan dan kecemasan dan menerima kenyataan.

3. Hal ini bisa menjadi tanda

Kehilangan pekerjaan lebih mudah untuk diterima jika Anda bisa menemukan pelajaran dari hal tersebut. Apa yang bisa Anda dari hal tersebut? Mungkin kehilangan pekerjaan dan pengangguran telah memberikan Anda kesempatan untuk merenungkan apa yang Anda inginkan dari kehidupan Anda dan memikirkan kembali prioritas karier Anda.

4. Tangani diri Anda dengan hal berikut ini

– Jaga keseimbangan dalam hidup Anda

Pencarian kerja Anda akan lebih efektif jika Anda lebih baik secara mental, emosional, dan fisik.

– Luangkan waktu untuk olahraga secara rutin

Olahraga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi stres dan khawatir saat Anda sedang menganggur dan mencari pekerjaan. Olahraga juga menjaga suasana hati dan energi.

– Tidur yang cukup

Tidur memiliki pengaruh besar pada suasana hati Anda dan produktivitas. Pastikan Anda mendapatkan antara 7 sampai 8 jam tidur setiap malam.

5. Tetap fokus pada masa depan

Kehilangan pekerjaan jangan sampai membuat anda patah arang. Tetaplah fokus pada masa depan. Jangan larut dalam kesedihan terlalu lama. Lihatlah ke arah yang positif, seperti bagaimana hal ini memberikan Anda kesempatan untuk mengubah profil pekerjaan Anda atau bagaimana hal ini benar-benar bisa menjadi berkah tersembunyi. Fokus pada kesempatan kerja baru, fokus pada perubahan etos kerja, fokus pada pekerjaan futuristik. Intinya adalah fokus pada apa yang Anda inginkan.

 

Baca juga: 5 Pemicu Stres pada Anak-anak

(Visited 75 times, 1 visits today)

Comments

comments