6 Fakta Ilmiah Keuntungan Memelihara Jenggot

Pidipedia.com – Memelihara jenggot adalah sebuah pilihan bagi pria yang bisa menimbulkan pro kontra, terutama bila dihubungkan dengan hukum syariah Islam.

Ada yang percaya bahwa memelihara jenggot merupakan sunah nabi dan kita sebaiknya mengikutinya, ada juga yang beranggapan bahwa hal tersebut bukanlah hal yang substansial dan tidak mencerminkan tingkat keimanan seseorang.

Motif pria memelihara jenggot pun beragam. Ada yang karena alasan religi, sekedar ingin tampil beda, atau bahkan karena malas bercukur. Mengenai jenggot, pendapat wanita pun beragam. Ada yang suka, ada juga yang menganggap pria berjenggot itu kumal.

Tapi ada beberapa fakta ilmiah yang menjelaskan keuntungan memelihara jenggot. Berikut adalah di antaranya:

1. Jenggot bisa memperlambat proses penuaan

Jenggot bisa melindungi 90 sampai 95 persen muka dari sinar ultraviolet , mencegah keriput dan mengurangi risiko kanker kulit. Demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Perlindungan Radiasi Dosimetri.

2. Pria berjenggot terlihat lebih maskulin

Jika Anda tertarik untuk tampil maskulin, memelihara adalah salah satu solusinya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Evolution and Human Behavior, baik pria maupun wanita menganggap wajah yang dipenuhi rambut sebagai lebih maskulin daripada mereka yang klimis.

3. Memelihara jenggot memberi kita lebih banyak waktu luang

Menurut Dr. Herbert Mescon, pria rata-rata menghabiskan waktu 3.350 jam untuk bercukur dalam hidupnya. Pria yang memelihara jenggot bisa menggunakan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal lainnya yang lebih produktif atau berguna.

4. Jenggot dapat mengurangi gejala asma dan alergi

Jenggot berfungsi untuk menyaring debu yang bisa mengganggu sistem pernapasan Anda. Jenggot dapat mencegah polutan masuk ke dalam tubuh Anda yang berpotensi menyebabkan penyakit atau infeksi.

5. Jenggot membuat Anda hangat

Sama halnya seperti rambut di kepala, jenggot melindungi wajah dari unsur luar ruangan. Seorang pria Kanada bernama Pete Hickey menguji teori ini dengan mencukur hanya setengah dari wajahnya pada musim dingin. Ia menemukan bahwa sisi berjenggot dari wajahnya lebih terisolasi.

6. Jenggot menjaga kulit tetap lembab

Jenggot adalah fasilitator alami dari kelembaban, mempertahankan minyak alami yang dihasilkan kulit. Jenggot bertindak sebagai penghalang dari terpaan angin atau gesekan tekstur kasar handuk sehabis dicuci, menjaga minyak di sekitar dagu dan pipi.

Baca juga: Bulu Hidung Gondrong, Apa Boleh Dicabut?

(Visited 86 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *