6 Tempat Ekstrem Yang Biasa Dijadikan Lokasi Upacara Peringatan HUT RI

Pidipedia.com-Saat menyambut hari peringatan kemerdekaan, tentunya hari itu merupakan hari yang sangat penting bagi segenap rakyat Indonesia. Karena pada momen itu, mengingatkan kita akan pahitnya perjuangan para pahlawan yang rela bertumpah-darah demi membela tanah air. Maka dari itu sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan, tak heran jika banyak warga yang ikut mengikuti upacara tersebut dengan penuh hidmat. Bahkan saking berharganya momen itu, berbagai cara dilakukan oleh sekelompok orang dalam melaksanakan upacara peringatan HUT-RI tersebut. Seperti melaksanakan upacara ditempat tertinggi /puncak gunung (9 Gunung Yang Sering Dijadikan Tempat Upacara Peringatan HUT-RI), didasar laut, ditebing curam dan tempat-tempat yang dianggap tidak lazim lainnya. Semua itu dilakukan semata hanya untuk merasakan kerasnya perjuangan untuk mengibarkan sang bendera merah putih.

Tempat ekstrim apa saja yang biasa dijadikan sebagai tempat upacara peringatan HUT-RI?

1. Upacara di Puncak Gunung

Upacara HUT RI

(Lokasi Upacara di puncak gunung)

Saat ini upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Puncak Gunung, sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh berbagai organisasi pecinta alam ataupun pendaki dari kalangan umum. Upacara seperti ini banyak ditemukan di beberapa gunung populer misalnya Semeru, Merapi, gunung Gede, Rinjani, dan lainnya. Untuk mengikuti upacara ini, tentunya membutuhkan persiapan fisik prima dan setidaknya merasakan kerasnya perjuangan hanya untuk mengibarkan sang bendera merah putih.


2. Upacara di Tebing Gunung

Upacara HUT RI

(Lokasi di Tebing Gunung Sepikul, Dusun Watuagung, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur)

Upacara di tebing gunung? memang terdengar unik dan cukup berbahaya. Tapi ternyata upacara ini rutin dilakukan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia Jawa Timur. Penggemar olahraga ekstrim ini memperingati upacara di tebing setinggi 350 meter di Gunung Sepikul, Dusun Watuagung, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur. Sebelum prosesi upacara dilaksanakan, tim ahli panjat tebing akan terlebih dahulu untuk naik ke atas tebing batu dengan menggunakan bantuan tali. Setelah itu, mereka menyiapkan bendera raksasa berukuran 20 meter dari atas tebing tersebut . Selain bendera raksasa, mereka juga membentangkan banner yang bertuliskan Dirgayayu Republik Indonesia di tebing tersebut. Wow.. sungguh hebatnya nasionalisme mereka.


3. Upacara di Dasar Laut

upacara dasar laut bunaken

(Lokasi di Dasar Lautan Pulau Bunaken, Sulawesi Utara)

 

Upacara terekstrim selanjutnya adalah pelaksanaan upacara di dasar lautan Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Upacara yang dihadiri oleh 2200 penyelam profesional ini berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang pesertanya “hanya” 1000 penyelam. 2 rekor dunia juga tercipta dari upacara ini. Prosesi upacara dibuat sedemikian mirip seperti upacara di daratan, bahkan lagu Indonesia Raya juga turut dimainkan di dalam lautan.


4. Upacara di Perut Bumi

Upacara HUT RI

(Lokasi di area tambang bawah tanah Deep MLZ, Tembagapura, Mimika, Papua)

Upacara terekstrim selanjutnya dipersembahkan dari para field engineer PT Freeport Indonesia. Uniknya upacara bendera ini dilaksanakan didalam perut bumi, tepatnya di area tambang dengan kedalaman mencapai 1.400 meter di bawah permukaan tanah. Untuk mencapai lokasi ini, para peserta upacara harus melewati terowongan sepanjang 5 kilometer. Setiap peserta upacara dilengkapi alat pelindung keselamatan diri, di antaranya helm, kacamata, lampu senter, serta kantung udara untuk mengantisipasi keadaan darurat yang mengancam nyawa. Nekat juga yah!


5. Upacara di Akuarium Hiu

upacar diaquarium hiu

(Lokasi upacara di Seaworld, Ancol, Jakarta)

Apa jadinya jika kita berenang di akuarium hiu? Perasaan takut tak menentu yang pasti akan dirasakan Nah, upacara terekstrim kelima, diadakan oleh 3 penyelam profesional di akuarium hiu Seaworld, Ancol. Para pengunjung dapat menyaksikan secara langsung para penyelam melakukan upacara bendera dikelilingi 19 ekor ikan hiu. Di dalam akuarium tersebut, terdapat hiu ganas sepanjang 3 meter, yakni hiu buto sebanyak dua ekor. Selain itu juga terdapat satu hiu sirip putih, 14 hiu sirip hitam, dan 2 ekor hiu kembang. Bagaimana jika hiu-hiu disekitarnya itu menerkam secara tiba-tiba?


6. Upacara ditengah laut

Upacara HUT RI

(Lokasi upacara di Pantai Baron II Gunung Kidul, Yogyakarta)

Tradisi upacara unik ini sudah dikatan biasa bagi gabungan SAR beserta sekelompok warga sekitar pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta. Bahkan pada pelaksanaan upacara peringatan HUT-RI yang ke-70, Koordinator SAR Linmas Pantai Baron II Gunung Kidul Marjono mengatakan bahwa upacara di tengah laut itu diikuti lebih dari 700 orang, yang terdiri relawan, anggota SAR linmas, dan berbagai elemen masyarakat serta pelajar.

Maksud dilaksanakannya upacara ekstrim tersebut yaitu sebagai wujud rasa cinta terhadap Tanah Air sekaligus untuk mengingatkan bahwa pentingnya untuk menjaga ekosistem laut, karena sehari-harinya warga menggantungkan hidup mereka dari laut. Selain di Yogyakarta, upacara ditengah laut sering juga ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

(KasKus).


Baca Juga:

>>> Unik! 9 Gunung Yang Sering Dijadikan Tempat Upacara Peringatan HUT RI

>>> 12 Kemungkinan Ini Akan Terjadi Bila Indonesia Terletak Ditengah Benua

>>> 7 Perilaku Aneh Yang Sering Dilakukan Orang Saat Tidur

(Visited 279 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *