7 Bahan Alami yang Bisa Mengobati Luka

Pidipedia.com – Dalam keseharian kita, ada kalanya kita ceroboh atau kurang berhati-hati sehingga mengalami kecelakaan kecil yang menyebabkan luka. Misalnya saat kita memotong sesuatu di dapur, terkadang kita teriris pisau sehingga menyebabkan luka sayat. Jika tidak ditangani dengan baik, maka luka kecil tersebut bisa terkena infeksi.

Apabila kita mengalami sedikit kecelakaan yang menyebabkan luka, kita tak harus selalu langsung mengobatinya dengan obat-obatan kimiawi. Ada bahan-bahan alami yang bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama jika Anda mengalami luka.

Berikut adalah bahan-bahan alami yang berkhasiat mengobati luka:

1. Bubuk kopi

Menaburkan bubuk kopi pada luka dapat menghentikan pendarahan dengan cepat. Bubuk kopi mengandung efek astringent yang mampu menutup luka dengan lebih cepat. Salah satu tips sederhana dengan bahan yang juga sangat mudah di dapatkan, bukan?

2. Bubuk kunyit

Caranya hampir sama seperti kopi. Anda bisa langsung menaburkan bubuk kunyit pada luka yang terbuka. Cara ini cukup efektif untuk menghentikan pendarahan dan membantu pembekuan darah lebih cepat.

3. Teh celup

Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata teh celup juga bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan dengan cepat. Caranya celupkan satu kantong teh ke dalam air dingin dan tekan secara lembut pada bagian yang terluka. Lakukan selama satua tau dua menit. Cara ini cukup cepat dan nyaman untuk menghentikan luka berdarah.

4. Pasta gigi

Selain menyehatkan gigi, pasta gigi juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama pada luka kecil. Tekan pasta gigi dengan lembut pada luka seperti saat menggunakan salep. Pasta gigi juga memiliki efek astringent, yaitu zat yang membuat jaringan biologis berkontraksi atau mengkerut. Ini cara yang efektif untuk menghentikan darah yang keluar lewat luka.

5. Es batu

Tempelkan es pada luka untuk membekukan darah yang keluar lewat luka, sehingga darah tidak keluar dengan deras. Es batu membantu pembekuan darah dengan mengerutkan pembuluh darah dan memudahkan luka menutup dengan cepat.

6. Garam

Garam sangat efektif untuk menghentikan luka. Garam menyerap darah yang keluar dari luka dan membuatnya kering lebih cepat. Luka akan menutup dengan cepat serta mencegah terjadinya infeksi.

7. Bubuk cabai merah

Bubuk cabai merah juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi luka berdarah. Meskipun terasa sedikit perih, tetapi kandungan dalam bubuk cabai merah ini bisa membantu pembekuan darah dan membuat luka menutup dengan cepat.

Baca juga:

(Visited 230 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *