7 Fenomena Ini Tak Masuk Akal, Namun Terjadi Dalam Kehidupan Manusia

Pidipedia.com-Terkadang logika seringkali tergoyahkan oleh berbagai hal peristiwa atau fenomena yang dianggap tak masuk akal, tapi memang benar-benar ada dan sering terjadi dalam kehidupan manusia. Seperti halnya suatu fenomena unik tentang pengulangan peristiwa, yaitu terkadang kita merasakan suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi namun sepertinya kita juga pernah merasakan atau mengalami peristiwa itu sebelumnya. Apa anda juga pernah?

Selain fenomena tersebut, sebenarnya masih banyak fenomena langka lainnya yang sering terjadi dan dialami dalam kehidupan manusia. Tentunya fenomena-fenomena yang dianggap tak masuk akal itu, ternyata masih bisa dijelaskan secara ilmiah loh. Seperti 7 fenomena yang dianggap tak masuk akal, namun memang benar-benar ada dan terjadi dalam kehidupan manusia seperti berikut ini:

1. Deja Vu (merasakan pengalaman berulang)

Fenomena tak masuk akal

Deja Vu adalah suatu fenomena langka tentang perasaan mengingat kembali yang dimana kita merasakan sensasi kuat bahwa suatu peristiwa atau pengalaman yang saat ini sedang dialami namun merasa pernah dialami juga sebelumnya. Tentunya dengan kejadian tersebut akan membuat kita merasa aneh dan takut, sehingga kita akan berfikir dan terus mengingat apakah kejadian tersebut pernah terjadi sebelumnya atau hanya pernah terjadi di mimpi. Apa kamu juga pernah mengalami?

Jangan takut, karena bukan cuma kamu saja yang pernah mengalami kejadian tersebut. Bahkan sebuah survei yang dilakukan oleh sekelompok peneliti pada tahun 2004 menyebutkan bahwa sekitar dua pertiga populasi pernah mengalami fenomena tersebut. Studi lain menguatkan bahwa Deja Vu adalah sebuah pengalaman aneh yang diangga sering dialami oleh setiap individu yang sehat, dengan antara 31% dan 96% individu melaporkan pernah mengalaminya. Namun jika peristiwa itu terjadi secara berkepanjangan atau sering atau berhubungan dengan gejala lain, seperti halusinasi, mungkin hal itu sudah tak dianggap sehat lagi karena bisa saja peristiwa itu menjadi indikator penyakit neurologis atau psikiatris. Deja Vu terbagi kedalam 2 jenis, yaitu Patologis (biasanya berhubungan dengan epilepsi) dan Non Patologis (sebuah karakteristik dari orang yang sehat dan fenomena psikologis).

Sejauh ini para peneliti pernah mencari hubungan de javu dengan penyakit gangguan mental, hingga pendekatan ilmiah menjelaskan bahwa Deja Vu adalah anomali ingatan yang membuat kesan berbeda bahwa suatu pengalaman “diingat kembali”. Penjelasan ini didukung oleh fakta bahwa arti dari “mengingat” pada waktu itu sangat kuat dalam banyak kasus, tapi keadaan pengalaman “sebelumnya” (kapan, di mana, dan bagaimana pengalaman sebelumnya terjadi) tidak pasti atau diyakini tidak mungkin.


2. Mati Suri (hidup kembali)

Fenomena tak masuk akal

Fenomena ini mungkin sudah tak asing lagi, karena memang sudah banyak orang yang diberitakan pernah mengalami fenomena ini. Mati suri adalah suatu keadaan yang dialami oleh seseorang yang dianggap telah meninggal namun orang tersebut bisa bangkit dan hidup kembali. Wow aneh juga kan! Banyak cerita pengalaman dari orang yang pernah mengalami mati suri, mereka bercerita bahwa mereka mengalami kejadian yang aneh dan menakutkan seperti ada yang merasa berada di lorong gelap yang terdapat cahaya terang di ujungnya. Ada pula yang merasa dirinya keluar dari tubuhnya sendiri. Namun hingga kini ilmu kedokteran belum dapat mengungkapkan rahasia di balik mati suri maupun kebenaran dari pengalaman tersebut.


3. Sleep Paralysis (erep-erep)

Fenomena tak masuk akal

Sleep paralysis atau sering juga disebut erep-erep adalah suatu fenomena yang biasa terjadi disaat seseorang sedang tidur, dimana kondisi tubuh seseorang yang sedang mengalami peristiwa tersebut akan merasa susah bergerak. Seseorang yang mengalami kelumpuhan tidur biasanya akan mengalami masalah untuk menggerakkan anggota badan, tidak bisa mengeluarkan suara dan sebagainya. Fenomena ini sering dikaitkan dengan hal mistis, konon orang yang sedang mengalami erep-erep kabarnya orang tersebut sedang diduduki atau ditindih oleh makhluk halus.

Namun menurut Al Cheyne, yaitu seorang peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur yang terjadi di tahap rapid eye movement atau REM. Untuk diketahui bersama, berdasarkan gelombang otak, tidur dapat dibagi dalam 4 tahapan yaitu tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Ketika kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke tahap REM.


4. The Hum (suara yang keluar dari perut bumi)

Fenomena tak masuk akal

The hum yaitu fenomena suara yang keluar dari perut bumi dan hanya bisa terdengar di tempat yang sunyi namun tidak semua orang bisa mendengar suara aneh tersebut. The Hum pernah dilaporkan terjadi di berbagai tempat, seperti laporan yang terkenal adalah di Taos, New Mexico, hingga The Hum kadang-kadang juga disebut Taos Hum. Dengungan dilaporkan terdengar di seluruh dunia, terutama di Eropa. Hum sulit dideteksi oleh mikrofon sekalipun, dan sumbernya masih misterius. Ada yang menduga suara ini hanyalah buatan manusia, alien, dan masih ada dugaan lainnya. Tapi para ilmuwan belum ada yang bisa menemukan jawabannya.


5. Sixth Sense (indera ke 6)

indra ke enam

Indera keenam atau yang sering disebut sixth sense yaitu suatu kemampuan lebih yang dimiliki seseorang untuk merasakan sesuatu diluar kemampuan panca indera. Seperti halnya mampu melihat, mendengar dan merasakan hal-hal yang tidak bisa dialami oleh orang lain pada umumnya. Misalnya mampu melihat hantu (makhluk halsu), bercakap-cakap dengan hantu bahkan juga bisa meramalkan atau memprediksi kejadian yang akan datang.


6. Pelet, Santet (ilmu sihir)

Fenomena tak masuk akal

Pelet merupakan jenis ilmu gaib yang berfungsi untuk memengaruhi alam bawah sadar seseorang agar jatuh cinta kepada orang yang mengirim pelet tersebut. Begitu juga dengan santet yang merupakan jenis ilmu gaib yang cenderung digunakan untuk melukai bahkan membunuh seseorang melalui kiriman mantra-mantra. Sebetulnya masih banyak lagi hal-hal yang berbau sihir lainnya yang bahkan tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan ada di setiap belahan dunia. Jadi awas kena pelet, inilah Ciri-Ciri Cewek Yang Terkena Pelet!

Jika secara logika, fenomena ini memang sulit untuk diterima, namun dengan banyaknya kasus atau kejadian yang bersifat sihir tersebut membuat orang-orang merasa kebingungan dan seolah kejadian tersebut memaksanya untuk mempercayainya. Sihir memang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah, namun sihir dapat dipelajari oleh setiap orang.


7. Hantu

Fenomena tak masuk akal

Tak heran, kehadiran hantu memang bisa membuat bulu kuduk berdiri. Ada yang percaya dengan kehadiran hantu, ada juga yang tidak percaya. Menurut orang yang percaya, makhluk tak kasat mata ini sebenarnya berada di alam lain. Walaupun kebanyakan orang tidak bisa melihat, tapi terkadang bisa dirasakan. Dan bisa terlihat pada waktu-waktu tertentu. Walaupun sulit dipercaya, makhluk ini memang benar-benar ada.

(Sumber: diolah dari Wikipedia, Kaskus by renaru, selipan.com, dll)


Baca Juga yang ini!

>>> Percayakah Dengan Warung Makan Yang Ada Jin Penglarisnya? Ini Cirinya

>>> Tips Menghindari Kejahatan Hipnotis/Gendam

>>> Awas Pelet, inilah Ciri-Ciri Cewek Yang Terkena Pelet

(Visited 1.492 times, 3 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *