7 Jenis Bunga Anggrek Yang Memiliki Bentuk Aneh Dan Unik

Pidipedia.com-Bunga anggrek bisa dikatakan sebagai tumbuhan bunga yang memiliki jenis terbanyak bila dibandingkan dengan jenis bunga lainnya. Karena keragaman itulah, membuat para pecinta tumbuhan ini sengaja menanam bunga anggrek untuk dijadikan sebagai koleksi tanaman hias dirumahnya.

Dari berbagai jenis bentuk bunga anggrek tersebut, tidak sedikit juga bentuk dari bunga tersebut memiliki bentuk yang cukup unik, diantaranya ada yang memiliki bentuk mirip binatang, bahkan ada juga yang menyerupai manusia. Wah…!!! Penasaran? Berikut adalah 7 Jenis bunga anggrek yang memiliki bentuk aneh dan unik:


1. Anggrek Bebek Terbang

Anggrek Bebek Terbang

Anggrek ini memiliki nama latin Caleana major atau lebih dikenal dengan nama Flying Duck Orchid, atau Anggrek Bebek Terbang yang banyak dijumpai di Australia. Bunga ini tampak cantik dengan gradasi warna merah tua dan ungu. Jika dilihat secara seksama, anggrek ini sekilas memiliki bentuk seperti bebek yang sedang terbang.


2. Anggrek Lebah

anggrek lebah

Bunga ini memiliki nama latin Ophrys apifera atau lebih dikenal dengan nama Bee Orchid atau Anggrek Lebah. Pemberian nama itu karena bentuknya memang mirip lebah. Namun selain mirip lebah, sekilas bunga ini mirip bayi yang sedang minta digendong.

Bunga ini memiliki kelopak warna ungu yang cantik, dan bagian yang bentuknya mirip tubuh lebah gendut. Yang unik lagi dari bunga ini, lebah yang terbentuk mayoritas seperti wajah yang tertawa lebar. Bagian samping mirip tangan yang seolah mengajak bermain. Menyenangkan melihat bunga ceria ini saat sedang sedih.


3. Anggrek Wajah Monyet

anggrek wajah monyet

Ada wajah monyet yang tercetak di atas kelopak anggrek ini. Ini benar-benar alami, bukan editan foto, bukan dilukis dengan kuas. Bunga anggrek jenis ini memang tumbuh dengan motif mirip wajah monyet.

Bunga ini memiliki nama latin Dracula simia atau lebih dikenal dengan nama Monkey Face Orchid atau Anggrek Wajah Monyet. Seperti yang kita lihat, ada wajah monyet yang tercetak di atas kelopak anggrek ini. Bahkan uniknya, bunga ini seperti wajah monyet dengan segala ekspresinya, seperti ekspresi wajah monyet yang sedang gembira dan ada juga yang sedang sedih.


4. Anggrek Merpati

Anggrek Merpati

Anggrek ini memiliki nama latin Peristeria Elata, atau dikenal sebagai Holy Ghost Orchid. Entah mengapa diberi nama demikian, karena yang tampak dari bunga cantik ini adalah seekor merpati di bagian dalam kelopak.

Bunga anggrek ini berwarna putih cantik, sekilas tidak ada yang aneh. Namun jika Anda mendekat ke arah bagian tengah kelopak, ada bentuk yang mirip dengan seekor merpati yang sedang mengepakkan sayapnya. Bentuk merpati itu benar-benar mirip merpati sungguhan.


5. Anggrek Kepala Burung

anggrek kepala burung

Bunga anggrek yang satu ini juga tidak kalah indah dan cantiknya. Dinamai bunga anggrek kepala burung karena memang bentuk dari bunganya itu sendiri mirip seperti kepala burung kecil yang sedang menjaga nektar bunga. Bunga anggrek ini adalah jenis anggrek yang paling lama untuk mekar.

Meskipun demikian, bunga anggrek yang satu ini merupakan bunga favorit bagi mereka para pecinta anggrek. Bunga anggrek kepala burung ini merupakan penduduk asli di kawasan Asia Tenggara, termasuk juga Negara Kita Indonesia.


6. Anggrek Pria

Anggrek Pria

Nama latin bunga anggrek ini adalah Orchis italica, namun disebut juga Hanging Naked Men atau Laki-Laki Yang Tergantung Tanpa Busana.

Dalam bentuk bergerombol, bunga ini tampak cantik dan tidak ada yang aneh. Namun bila Anda mendekatinya dan melihat lebih dekat, kelopak bunga ini memang mirip seperti pria yang tergantung tanpa busana. Bunga cantik ini banyak tumbuh di Eropa, khususnya di Spanyol.


7. Anggrek Lady

anggrek lady

Bunga anggrek ini memiliki nama latin Orchis purpurea, atau disebut juga sebagai Lady Orchid atau Anggrek Perempuan. Mengapa disebut Lady Orchid? Karena jika dilihat lebih dekat, bunga ini mirip perempuan memakai rok lebar yang sedang bergandengan tangan.

Bunga ini memang mirip dengan anggrek pria, bentuknya bergerombol, namun jika dilihat satuan dan lebih dekat, bentuknya mirip wanita yang memakai rok. Lady Orchid tumbuh dengan warna putih yang dihiasi dengan warna ungu gelap di bagian pinggir dan bagian tengah.


Baca Juga:

7 Jenis Pohon yang Terkenal Angker

5 Fakta Unik Tentang Cabai

(Visited 1.423 times, 1 visits today)

Comments

comments

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *