7 Museum Paling Aneh di Dunia

Bila ada yang mengatakan bahwa berkunjung ke museum itu hal yang membosankan atau melelahkan, karena benda-benda yang dipamerkan sudah terbayang masih itu-itu saja. Tentunya itu sebuah pernyataan keliru, perlu anda ketahui bahwa saat ini museum di berbagai belahan dunia terus berupaya agar menjadi tempat mengasikan untuk dikunjungi. Bukan sekedar barang bersejarah, tapi museum juga memamerkan barang-barang aneh, unik dan bikin kita penasaran untuk pergi berkunjung kesana.

Berikut adalah 7 museum teraneh di Dunia

1. Museum Penis
Hahhh,,penis…? Ya, mungkin ini terdengar konyol bagi kita. Tapi museum ini memang benar-benar ada di Islandia “The Icelandic Phallological Museum”. Tanpa diragukan lagi museum yang paling anomali di planet ini menampilkan berbagai jenis penis manusia dan hewan yang sudah mati dari berbagai belahan dunia.
Museum aneh
Uniknya museum ini dimiliki oleh seorang mantan guru bernama Sigurdur Hjartarson. Setiap tahunnya museum ini dikunjungi tidak kurang dari 11.000 pengunjung.

2. Museum Pakaian Dalam
Ada-ada saja, selain museum penis ternyata ada juga museum yang memamerkan pakaian dalam. Frederick Mellinger, seorang penemu push-up bra yang mampu membuat beberapa perempuan tampil lebih percaya diri. Sejak pertama kali berdiri pada tahun 1947, bisnis pakaian dalam milik Frederick pun berkembang pesat dan menjadi salah satu merek pakaian dalam terfavorit di California pada saat itu.
Museum aneh
Frederick kemudian mendirikan The Lingerie Museum yang menampilkan koleksi perkembangan pakaian dalam wanita mulai dari bra, celana dalam, korset, hingga koleksi pakaian dalam yang pernah dipakai para selebritis. Salah satu koleksinya yang terkenal adalah korset mancung milik Madonna dan bustier yang dipakai Marilyn Monroe dalam film HOW TO MARRY A MILLIONAIRE.

3. Museum Toilet
Haha,, ini lagi,, kok ada ya museum yang memamerkan toilet seperti pada Museum “The Sulabh International Museum of Toilet” yang berada di New Delhi India. Sebuah museum yang dijalankan oleh Sulabh International, yang didedikasikan untuk sejarah global sanitasi dan toilet.
Museum aneh
Museum ini didirikan pada tahun 1992 oleh Dr Bindeshwar Pathak, seorang aktivis sosial, pendiri dari Sulabh sanitasi dan Reformasi Gerakan Sosial, penerima penghargaan nasional dan internasional termasuk Prize Air Stockholm pada tahun 2009. Tujuannya membangun museum ini adalah untuk menyoroti kebutuhan untuk mengatasi masalah sektor sanitasi di negeri ini, mengingat upaya yang dilakukan di berbagai belahan dunia dalam bidang ini sejak milenium ketiga

4. Museum Lukisan Buruk
Biasanya museum menampilkan karya-karya seni rupa menarik, antik dan tentunya memiliki nilai seni tinggi. Berbeda dengan museum yang didirikan oleh Scott Wilson dengan museumnya “The Museum of Bad Art” yang berdiri pada tahun 1994 silam.
Museum aneh
Pada mulanya Scott Wilson menemukan sebuah lukisan yang berada ditempat sampah. Hingga membuatnya berpikir untuk mengoleksi lukisan-lukisan yang dianggap buruk hingga orang-orang membuangnya.

Berkat saran teman-temannya, Wilson akhirnya mengumpulkan karya seni yang terbuang ini ke dalam sebuah museum yang diberi nama Museum Of Bad Art. Marie Jackson, sang co-founder, menyebutkan bahwa museum ini didirikan untuk menghargai karya para seniman yang gagal dengan cara yang mewah.

5. Museum UFO
UFO (Unidentified Flying Object) merupakan berita yang selama ini masih diragukan kebenarannya atau hoax. Tapi ada juga museum yang mengoleksi tentang berbagai jenis benda yang berbau makhluk Luar Angkasa seperti yang ada pada museum di Amerika “International Museum and Research Center UFO”.
Museum aneh
Museum ini didirikan oleh Glenn Dennissom pada tahun 1991 di New Mexico, Amerika Serikat. International Museum and Research Center UFO mendokumentasikan sejarah pengamatan benda terbang tak dikenal. Tempat ini telah menjadi center untuk semua penggemar fiksi ilmiah, yakin bahwa UFO – ini adalah lelucon dan bukan mitos.

6. Museum Makhluk Cacat
Museum yang berada di Rusia ini berbeda dengan museum lainnya, adalah Kunstkamera merupakan museum yang mengoleksi awetan makhluk hidup yang terlahir dengan bentuk fisik yang tidak biasa.
Museum aneh
Tak hanya itu, museum ini juga menyimpan berbagai alat penyiksaan yang keji seperti kursi hukuman yang penuh paku dan bor kepala. Ternyata museum ini didirikan oleh Peter the Great untuk menghilangkan rasa takut manusia pada monster. Melihat koleksi yang ada, sepertinya memang tidak butuh monster untuk merasa ngeri.

7. Museum Kematian
Namanya terdengar menyeramkan untuk museum yang berada di Bangkok Thailand ini, yaitu “Siriraj Medical Museum”. Museum ini menyimpan beberapa kerangka, awetan janin atau bagian tubuh yang meninggal karena berbagai sebab. Di museum ini anda akan menemukan bagaimana paru-paru manusia yang rusak akibat tusukan seorang psikopat, otak yang mengalami pendarahan dan anggota tubuh lainnya yang dimutilasi.
Museum aneh
Terlepas dari koleksinya yang mengerikan, museum ini sebenarnya didirikan untuk keperluan medis. Museum yang terletak di Rumah Sakit Siriraj ini terdiri dari beberapa bagian museum medis termasuk di dalamnya terdapat museum anatomi, patologi, pengobatan tradisional Thailand dan museum toksikologi. Pada tahun 2008, Museum Siriraj juga menampilkan foto-foto aksi tenaga medis dari Rumah Sakit Siriraj ketika musibah tsunami tahun 2004 yang melanda Asia.

Itulah 7 Museum aneh yang ada di Dunia – Pidipedia.com

(Visited 141 times, 1 visits today)

Comments

comments