8 Pertanyaan Aneh Yang Memiliki Jawaban Ilmiahnya

Pidipedia.com-Mungkin sewaktu kecil kita pernah berpikir tentang suatu hal yang dibilang aneh yang seandainya terjadi di dunia ini. Misalnya bagaimana jika mata manusia memiliki kemampuan melihat seperti mata elang? Apakah suatu keuntungan atau malah suatu kerugian bagi kita?

Selain itu, apa yang akan terjadi pada bumi jika seluruh manusia melompat sekaligus disuatu tempat yang sama? Apakah bumi akan mengalami guncangan?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin terdengar konyol dan aneh bagi manusia dewasa. Tapi tahukah anda, bahwa sebenarnya pertanyaan-pertanyaan tersebut memiliki jawaban secara ilmiahnya?

Terus, apakah ada manfaatnya jika kita mengetahui jawaban-jawaban dari pertanyaan konyol tersebut? Jelas ada, ini berguna bagi kita apabila suatu hari anak/cucu kita bertanya mengenai hal-hal tersebut.

Penasaran? Nah,, berikut merupakan 8 pertanyaan aneh/ konyol yang ternyata memiliki jawaban secara ilmiahnya!


1. Bagaimana jika ukuran bumi menjadi 2 kali lebih besar dari ukuran sekarang?

Ya,,, namanya juga berandai-andai! Tapi jika ada pertanyaan seperti itu, inilah jawabannya. Jika diameter bumi menjadi lebih besar 2 kali lipat, maka massa planet akan meningkat 8 kali dan gaya gravitasi di planet ini akan menjadi 2 kali lebih kuat.

Berat badan kita akan bertambah 2 kali lipat, semua tanaman dan hewan yang saat ini ada akan runtuh karena beratnya sendiri, dan kemungkinan spesies gempal akan muncul.


2. Bagaimana jika ada spesies lain berteknologi lebih maju dari manusia?

Jika bumi memiliki spesies lain sebagai pembuat teknologi seperti kita, kita mungkin akan terkunci dalam pertempuran terus-menerus untuk supremasi. Jika setelah ratusan ribu tahun tidak ada yang menang, kita akan mulai beradaptasi dengan membutuhkan sumber daya yang terpisah, dan akan untuk mengabaikan atau tidak menyapa satu sama lain.


3. Bagaimana jika dulu sebuah asteroid raksasa tidak menghantam bumi?

Jika asteroid yang datang jutaan tahun lalu tidak jadi ke bumi, maka kemungkinan besar dinosaurus masih memerintah bumi. Menurut data, dinosaurus mendominasi selama 160 juta tahun sebelum bumi dibersihkan oleh meteor. Para peneliti telah berspekulasi bahwa kecerdasan “dinosauroids” mungkin telah berevolusi di tempat manusia, berdasarkan ukuran otak yang relatif besar mungkin akan muncul spesies trodontid, yang mirip burung predator.


4. Bagaimana jika semua orang di bumi melompat sekaligus?

Jika semua 7 miliar dari kita ramai berdekatan dan melompat, kita akan membuat bumi bergerak hanya seperseratus dari jari-jari atom tunggal per detik. Ketika mereka mendarat, bumi akan bergerak kembali pada tempatnya.


5. Bagaimana jika tidak ada bulan di bumi?

Pasang air laut dihasilkan oleh bulan yang terbentuk ketika bulan mengorbit dekat ke bumi. Tanpa itu, kehidupan mungkin tidak pernah muncul, atau makhluk hidup akan memiliki pola perilaku yang sangat berbeda untuk mengatasi hari dan perubahan iklim ekstrem yang akan ada di bumi yang tak berbulan.


6. Bagaimana jika manusia 2 kali lebih cerdas?

Jika manusia 2 kali lebih cerdas seperti kita sekarang, para ahli pikir kita akan lebih terpenuhi dalam skala individu, serta lebih sehat, lebih tampan dan kurang agama. Tetapi orang-orang masih akan memiliki beragam kepribadian, dan masyarakat secara keseluruhan mungkin sama bertentangan seperti saat ini.


7. Bagaimanakah jika manusia memiliki mata seperti elang?

Jika Anda dapat memindahkan mata Anda seperti layaknya elang, Anda bisa melihat seekor semut merangkak di tanah dari atap sebuah bangunan lantai 10. Anda bisa melihat ekspresi wajah pemain basket ‘dari kursi cadangan terjauh sekalipun dalam arena. Objek langsung yang sejalan dengan Anda akan saling berhadapan akan dimunculkan membesar, dan semuanya akan berwarna lebih terang.


8. Apa yang akan terjadi jika Anda menembak pistol di ruang angkasa?

Senjata bisa menembak di angkasa, dan ini memungkinkan untuk semua jenis skenario yang tidak masuk akal. Jika Anda berada di ruang vakum antara galaksi, menarik pelatuk akan mengirimkan dan peluru Anda dari tempatnya semula kearah yang dituju selamanya. Jika Anda menembak pistol di tata surya, peluru Anda akan terjebak ke arah matahari atau salah satu planet raksasa. Dan jika Anda menembak pistol ke arah cakrawala sambil berdiri di sebuah gunung di bulan, secara teoritis, Anda akan menembak diri sendiri di belakang.


Baca juga:

 Ophiuchus, Zodiak Baru Ke-13

(Visited 1.277 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *