9 Taman Unik Bandung Punya

Pidipedia.com-Berikut merupakan 9 taman unik dan menarik untuk dikunjungi di kota Bandung. Apa saja 9 taman tersebut? yuk, langsung saja kita simak info berikut:


1. Taman Jomblo
Taman


Taman Jomblo adalah sebuah taman yang berada di bawah Jembatan Pasupati Bandung. Tidak seperti taman pada umumnya, uniknya taman ini yaitu terletak pada tempat duduknya, dimana taman-taman lain biasanya memiliki tempat duduk berbentuk memanjang sedangkan tempat duduk yang ada di Taman Jomblo ini berbentuk kubus warna-warni dengan berbagai ukuran dan hanya memuat untuk satu orang saja. Maka dari itu Ridwan Kamil atau akrab dipanggil sebagai Kang Emil menamakan taman ini “Taman Jomblo”.


2. Taman Lansia
taman


 

Taman Lansia singkatan dari Taman Lanjut Usia, sebuah taman yang terletak di Jalan Cilaki tak jauh dari kantor Gubernur Jawa Barat (Gedung Sate Bandung). Sebelum menjadi Taman Lansia, taman ini dikenal sebagai Taman Cilaki atau Taman Cisangkuy yang diambil dari nama jalan yang mengapit taman ini.

Taman ini cocok untuk tempat refreshing bagi warga Kota Bandung maupun warga luar Bandung yang sedang berkunjung ke sana. Mungkin karena alasan itulah taman ini dinamakan Taman Lanjut Usia, yang cocok untuk tempat bersantai kalangan lanjut usia.


3. Taman Fotografi
Taman Fotografi

Taman Fotografi terletak di Jalan Anggrek, Bandung. Bagi Anda para pecinta fotografi tempat ini menjadi tempat wajib dikunjungi saat datang ke Kota Bandung. Taman ini memang sengaja diperuntukan bagi para komunitas fotografi.

Taman ini tak pernah sepi dari pengunjung, cocok untuk tempat rekreasi keluarga karena disekitar area taman disediakan sejumlah permainan untuk anak anak.


4. Taman Musik

taman
Taman ini sengaja dibuat sebagai tempat berkumpulnya para pecinta musik. Bandung telah dikenal sebagai gudangnya para musisi hingga membuat tempat ini tak pernah sepi. Tempat ini kini menjadi tempat latihan para komunitas musik di Bandung. Sebut saja Komunitas Ukulele Bandung (Ukeba) secara rutin melakukan kegiatan di taman ini.

Beragam ornamen-ornamen juga dipasang untuk memperkuat kesan Taman Musik. Jika ingin datang ke taman ini cukup mudah karena berada di tengah-tengah kota yakni di Jalan Belitung, tepat di samping SMA 3 dan 5 Bandung.


5. Taman Film

taman

Taman ini memiliki luas 1.300 meter persegi dan berkapasitas 500 orang penonton dengan dilengkapi videotron raksasa berukuran 48 meter. Taman ini cocok untuk menggelar acara nonton bareng, baik itu acara film maupun nonton bareng Sepak Bola.
Penonton akan dimanjakan dengan soundsystem berkualitas, disisi taman ditanami rupa-rupa tanaman hias. Hal ini sengaja dipasang sebagai peredam suara. Puncak keramaian taman ini yaitu jika tim Persib Bandung bertanding.


6. Taman Vanda

taman
Taman ini dibangun dalam rangka peringatan HUT KAA ke 60 pada April lalu. Taman ini dilengkapi dengan adanya dancing water atau air mancur menari.

Di malam hari, air mancur akan tampak indah warna warni yang memunculkan efek-efek tertentu. Selain itu akan dipasang juga vertikal garden, dan bunga dengan berbagai warna sebagai penyeimbang taman.


7. Taman Superhero

taman
Taman ini terletak antara Jalan Anggrek dan Bengawan. Taman ini menjadi salah satu taman tematik unik di Kota Bandung. Sesuai dengan namanya, beragam superhero hadir di taman ini. Sebut saja Spiderman, Batman, Superman, dan superhero lokal Gundala. Taman ini cocok sebagai tempat rekreasi bagi keluarga, di lokasi ini juga dilengkapi area khusus tempat bermain anak.


8. Taman Pustaka Bunga Cilaki

taman
Taman ini terletak di Jalan Diponegoro, tidak jauh dari Gedung Sate. Taman ini telah diperindah dengan tambahan ratusan bunga dari berbagai jenis, seperti Amaryllus, Kalanchoe, Poinsettia, Bougenville, Rhodonderon dan berbagai jenis tanaman anggrek langka. Keindahan dan kesejukan taman ini membuat kita betah berada di dalamnya. Pengunjung dilarang membawa makanan, minuman, atau binatang ke dalam lokasi ini.


9. Taman Balai Kota (BalKot)

taman
Taman ini terletak diantara dua jalan protokol, yaitu jalan Merdeka dan jalan Wastukencana. Pintu masuk utamanya ada di jalan Wastukencana.

Di Taman ini dibuat sebuah Patung pahlawan wanita asal Jawa Barat yaitu Dewi Sartika, selain itu terdapat Patung Badak sebagai lambang binatang khasa Jawa Barat, badak Putih dan Patung Merpati. Cocok digunakan sebagai salah satu tempat berolahraga ringan, seperti lari pagi dan bersepeda di akhir pekan.Serta jalan utama yang mengelilingi taman ini, disediakan jalur khusus untuk pengguna sepeda.


Baca juga:

 

(Visited 128 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *