Asal Usul Kenapa Hari Batik diperingati setiap tanggal 2 Oktober?

Pidipedia.com-Hari ini Indonesia sedang memperingati Hari Batik Nasional. Tentunya seharian tadi kita sering menemui orang yang menggunakan pakaian batik. Entah itu hendak berangkat kerja, pergi ke pasar, pergi main / jalan-jalan, atau hanya buat narsis-narsisan untuk diunggah di media sosial pribadinya. Tentunya kita sebagai warga Negara yang Cinta Tanah Air harus bersyukur karena masih banyak rakyat Indonesia yang bangga memakai Batik Nasional.

Tapi tahukah kamu bahwa proses yang ditempuh Indonesia untuk mendapatkan pengakuan atas Batik dari UNESCO merupakan perjuangan yang cukup panjang!

Diawali pada tanggal 3 September 2008 lalu, dengan proses nominasi Batik Indonesia ke UNESCO dan baru diterima secara resmi Januari 2009.

Tahap berikutnya ialah pengujian tertutup selama empat hari yang dilakukan di Paris. Dan puncaknya pada tanggal 2 Oktober 2009.

UNESCO yang merupakan badan PBB dibidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan secara resmi mengakui Batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Kenapa Hari Batik Nasional diperingati tiap tanggal 2 Oktober?

Karena merupakan pengakuan Internasional terhadap Batik Indonesia. Pengakuan UNESCO tersebut ditindaklanjuti oleh Presiden SBY dengan mengeluarkan Keppres No.33 tahun 2009 yang menetapkan bahwa setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.


Baca juga:

(Visited 240 times, 1 visits today)

Comments

comments

One Comment

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *