Asal Usul Mustika Batu Merah Delima

Pidipedia.Com-Batu akik memiliki ragam jenis, namun terdapat salah satu batu akik yang disakralkan dan dikaitkan dengan dunia mistis yaitu batu merah delima. Katanya, untuk mendapatkan batu merah delima yang asli sangat sulit. Tidak sembarangan orang yang mampu mendapatkannya. Hal itu menurut mitos yang berkembang, batu merah delima berkaitan langsung dengan alam gaib.

Beberapa ahli memiliki teori masing-masing terkait dengan asal usul keberadaan batu merah delima. Berikut adalah penjelasan yang berkaitan dengan asal-usul batu merah delima, yang konon katanya memiliki mistis, menurut para ahli:

1. WAP. Diponegoro

Beliau mengatakan, jika asal usul batu merah delima yaitu berasal dari biji buah delima yang sudah berumur ratusan tahun dan akhirnya membatu. Pendapatnya berdasarkan pada penemuan terhadap beberapa fosil biji buah delima. Selanjutnya membatu dan setelah digerinda akan menjadi sebuah batu merah delima.

Selain itu, menurut beliau tidak semua batu merah delima yang ditemukan dari fosil biji delima itu mempunyai kekuatan “supranatural”. Pasalnya, kekuatan spiritual tergantung pada seberapa tua umur batu itu menjadi terbentuk dari fosil tersebut. Sementara itu, batu merah delima yang asli sangat jarang ditemukan, karena memang sangat langka dan jumlahnya sangat sedikit.

Di zaman kerajaan Hindu Budha di Indonesia atau di tanah Jawa. Pada umumnya mereka memiliki batu merah delima asli. Di antara tokoh pada zaman dulu yang memiliki nya adalah Patih Gajah Mada, Joko Tingkir dan juga Raja Airlangga yang sangat menyukai batu jenis mustika batu merah delima ini.

2. Gus Simon

Menurut Gus Simon, bahwa batu merah delima telah ada semenjak zaman Nabi Sulaiman a.s. batu merah delima ini dikaruniakan oleh Allah SWT pada Nabi Sulaiman yang kemudian oleh sang nabi diberikan kepada Ratu Bilqis.

3. Kepercayaan Orang Myanmar

Menurut keyakinan masyarakat negara Myanmar, batu merah delima asalanya adalah dari sebuah bukit. Bukit itu terletak di daerah pertambangan Mogok. Di abad 6 Masehi, pernah terdapat sebuah penemuan sebongkah batu yang dikatakan merah delima, dengan beratnya hingga mencapai 32 kilo gram.

Konon katanya, untuk mengetahui keaslian dari batu merah delima, ada perilaku yang sangat ekstrim. Ha ini karena diyakini batu itu memiliki khasiat untuk kekebalan. Maka, salah satu cara untuk membuktikannya yaitu dengan menaruh batu merah delima ke dalam gelas. Kemudia, gelas itu ditembak, apabila gelasnya tidak mempan, maka batu itu adalah asli. Tetapi, jika gelas pecah, maka batu merah delima itu adalah palsu.

Adapun cirri-ciri mustika batu merah delima adalah sebagai berikut:

  • Batu Merah Delima memiliki bentuk sedikit oval
  • Batu Merah Delima dengan bentuk oval
  • Batu Merah Delima berbentuk kecil, hampir sama dengan biji buah delima
  • Batu Merah Delima memiliki sinar warna merah yang berpendar. Tidak ada gelembung atau kristal di dalamnya
  • Batu Merah Delima memiliki serat batu yang kuat

(Visited 427 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *