Ayo Dukung GGMI (Gerakan Guru Melek Internet)

Pidipedia.comDari tahun ke tahun, pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebut pada tahun 2014 pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta orang, naik sekitar 34,9 persen dari tahun sebelumnya.

Namun demikian, angka tersebut sebenarnya masih di bawah target yang ditetapkan pemerintah Indonesia, yang menginginkan internet mampu menjangkau 50 persen jumlah penduduk. Artinya jika penduduk Indonesia sebesar 252 juta orang, maka pengguna internet paling tidak diharapkan sebesar 127 juta.

Sebagai tulang punggung untuk mencetak generasi masa depan Indonesia yang lebih baik, idealnya seorang guru harus bisa mengikuti perkembangan yang ada, termasuk dalam bidang teknologi. Lalu berapa persen guru di Indonesia yang menggunakan internet untuk membantu memperkaya bahan mengajar?

Belum diadakan riset mendalam terkait hal tersebut, namun dapat diperkirakan jumlahnya tak begitu besar. Terutama untuk guru-guru di pedalaman di mana internet masih dianggap sebagai barang mewah.

Di Amerika Serikat, sebanyak 73 persen guru menggunakan smartphone miliknya untuk membantu kegiatan mengajar. Mereka menjadi lebih percaya diri mengajar dengan mengakses tambahan materi pelajaran lewat google atau youtube.

Demikian halnya dalam interaksi di luar jam pelajaran. Tugas bisa dikirim melalui email dan diskusi belajar bisa diteruskan lewat jejaring sosial seusai sekolah. Para guru ini mengaku sangat terbantu dengan internet.

Sayangnya, kebanyakan guru – terutama yang sudah senior – di Indonesia belum menganggap internet sebagai kebutuhan utama, bahkan cenderung memandang negatif penggunaan internet oleh anak-anak. Hal itu memang tak sepenuhnya salah. Terbukti Indonesia tercatat sempat menjadi negara pengakses pornografi terbanyak.

Namun internet juga punya jutaan hal positif yang sangat bermanfaat dan dapat memperkaya dunia belajar mengajar. Para siswa dengan bantuan guru mereka bisa menemukan ratusan hal baru setiap harinya, sehingga mereka bisa mengembangkan pengetahuan yang mereka pelajari dari sekolah.

Baca juga:

(Visited 31 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *