Bagi Para Pengguna Wifi, Bersiaplah Untuk Beralih Menggunakan Lifi

Wifi atau Wireless Fidelity adalah sebuah teknologi untuk bertukar data secara nirkabel yang menggunakan gelombang radio dengan frekuensi2,4GHz standar IEEE 802.11 melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Karena kecepatan koneksi itulah, maka saat ini wifi banyak digunakan untuk kebutuhan koneksi internet disetiap perkantoran, Mall, cafe bahkan di rumah untuk digunakan secara pribadi.

Namun baru-baru ini sebuah penelitian dari Universitas Edinburg telah mengembangkan sistem jaringan wireless atau nirkabel yang mampumenghasilkan kecepatan transfer hingga 130mbps menggunakan teknologi cahaya. Sehingga penemuan ini menjanjikan kecepatan transfer yang lebih cepat dibanding WiFi dan LiFi kemungkinan akan menggantikanWiFi dimasa mendatang.

Seorang fisikawan dan profesor Jerman, Harald Haas menyatakan bahwa ia dan timnya akan terus berusaha untuk mengembangkan sistem LiFi di laboratorium agardapat menghasilkan kecepatan hingga satuan gigabit per detik.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica, LiFiini memiliki beberapa kelebihan seperti luas spektrum transmisi yang lebih luashingga 10.000 dari wireless fidelity yangberbasis gelombang radio. LiFi jugamampu menyediakan konektivitas nirkabel dirumah atau dikamar tanpa takutterjadi kebocoran sinyal.

Namun ternyata LiFi memiliki kelemahan dibanding metode Wi-Fi konvensional. Meski diterapkan melalui semacam base station yang ditempel di langit-langit ruangan, LiFi membutuhkan direct line of sight alias “pandangan” langsung ke perangkat tujuan yang dilengkapi receiver khusus, layaknya koneksi infra red pada gadget jadul.

Selain itu, perangkat tujuan pun harus stasioner alias tidak boleh dipindah-pindahkan. Tim peneliti sedang mengembangkan cara untuk membuat sistem penjejak yang memungkinkan base station LiFi melacak posisi perangkat di dalam ruangan dan membuat sambungan. Namun, dengan kecepatan potensial tersebut, para penciptanya berharap teknologi ini akan terus berkembang semakin baik yang nantinya bisa menggantikan wifi dan dapat dimanfaatkan untuk aplikasi lain.


Baca Juga yang ini:

(Visited 84 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *