Baru Diluncurkan, Maskot Asian Games 2018 Dinilai Terlalu ‘Jadul’

Pidipedia.com – Logo dan maskot Asian Games XVIII/2018 secara resmi telah diluncurkan akhir pekan kemarin. Namun, desain sang maskot, Drawa, dinilai terlalu ketinggalan jaman dan terlihat tak ‘hidup’.

Secara tampilan, Drawa sudah cukup mewakili kekhasan Indonesia. Dia merupakan perwujudan dari burung cendrawasih, yang adalah khas Papua, serta mengenakan pakaian seni bela diri khas nusantara, pencak silat.

Namun, secara estetika Drawa dinilai tidak didesain dengan elok. Apalagi sejauh ini pihak panitia baru menampilkannya dalam dua dimensi sehingga tampak ketinggalan zaman.

“Maskot dan logo itu amat penting dalam sebuah event, setara duta acara itu. Ini ajang besar lho. Asian Games, bukan SEA Games. Maskot dan logo itu sudah sangat usang, bahkan jika harus dibandingkan dengan logo Olimpiade 1980 di Moskow,” kata Narpati Awangga, seorang seniman piksel Ruangrupa.

Menanggapi kritik tersebut, Menpora Imam Nahrawi mengakui bahwa maskot Asian Games ini memang kurang menarik. Dia legawa menerima masukan dari berbagai pihak untuk perbaikan.

“Kami terbuka menerima saran apa pun agar maskot Asian Games 2018 menjadi lebih hidup dan menarik dilihat,” kata Menpora.

Baca juga!

(Visited 88 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *