Ciri-Ciri Orang yang Rawan Terkena Cuci Otak

Maraknya kasus terorisme yang dilakukan oleh anak-anak muda yang telah dicuci otaknya membuat para orang tua cemas anaknya mungkin bisa menjadi korban selanjutnya. Cuci otak merupakan bentuk parah dari pengaruh sosial yang menggabungkan semua pendekatan untuk menyebabkan perubahan dalam cara berpikir seseorang tanpa persetujuan orang tersebut dan sering bertentangan dengan kehendaknya.

Tidak semua orang bisa dengan mudah dicuci otaknya. Namun beberapa orang tertentu justru sangat mudah terpengaruh atau dicuci otak.

Berikut adalah ciri-ciri orang yang rawan terkena cuci otak:

1. Faktor psikis yang labil

Misalnya memiliki rasa negatif, bingung atau ragu dengan identitas dirinya sendiri. Anak muda yang sedang mencari identitas rawan terkena pengaruh dari orang yang dianggapnya sebagai panutan atau teladan.

2. Psikologis yang sombong

Tidak hanya orang yang psikisnya labil yang mudah dicuci otak, orang yang percaya dirinya berlebihan alias kesombongan psikologis juga bisa dengan mudah dipengaruhi. Misalnya orang-orang yang egois dan bangga bahwa apapun yang ia percaya secara otomatis adalah benar, namun tidak didukung dengan pengetahuan yang luas dan mendasar.

3. Orang yang mengalami tekanan fisik dan mental

Hal ini dikarenakan kondisi tersebut membuat orang menjadi kelelahan, tidak berdaya, hingga akhirnya mengurangi kemampuan berpikir dan menolak pengaruh baru yang diberikan kepadanya.

 

Baca juga: Awas Pelet, inilah Ciri-Ciri Cewek Yang Terkena Pelet

(Visited 336 times, 1 visits today)

Comments

comments