Daftar Seserahan dalam Pernikahan Adat Sunda

Pidipedia.com-Dalam adat Sunda, seserahan berarti memberi serangkaian barang dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan. Tujuan dari seserahan tersebut adalah sebagai salah satu pembekalan dalam berumah tangga, makanya barang-barang yang dipilih adalah barang-barang yang mempunyai kegunaan.

Hukum seserahan adalah wajib secara adat, tapi tidak secara agama. Seserahan bersifat fleksibel, disesuaikan dengan dana pihak calon mempelai laki-laki.

Berikut adalah daftar barang yang digunakan sebagai seserahan :


1. Perlengkapan ibadah

Barang-barang tersebut sesuai dengan agama yang dipeluk oleh kedua calon mempelai. Misalnya jika calon mempelai beragama Islam, seserahan yang dipilih adalah mukena, sajadah, tasbih, dan Al-Qur’an.


2. Perhiasan

Perhiasan juga tidak ada patokan berapa gram atau berapa macam. Bebas saja. Biasanya berupa cincin kawin, gelang, kalung, atau anting. Perhiasan ini sebagai simbol bahwa harapannya sebuah pernikahan akan bersinar dan berkilau.


3. Kebaya dan kain batik

Boleh berupa bahan kebaya seperti brukat, atau kebaya yang sudah jadi. Untuk kain batik, boleh yang bermodel rok atau kain lilit, namun kebanyakan berupa kain lilit.


4. Kosmetik dan peralatan mandi

Kosmetik biasanya berupa paketan seperti bedak, lipstik, minyak wangi, body lotion, dan lain-lain. Alat mandi juga biasanya paketan, terdiri dari sabun mandi, shampo, dan lain sebagainya.


5. Baju dan alas kaki

Biasanya baju berupa gaun pesta, baju muslim, atau baju kerja. Alas kaki boleh pilih salah satu antara sepatu atau sandal, lebih baik jika menyediakan keduanya.


6. Tas

Pilih tas sesuai kebutuhan, ukuran tak jadi masalah. Hanya biasanya berupa tas pesta.


7. Baju tidur dan pakaian dalam

Pilihlah baju tidur dan pakaian dalam yang bukan hanya nyaman namun indah dilihat.


8. Kue dan buah-buahan

Kue bisa berupa kue-kue kering atau cake. Untuk buah-buahan, pilih saja yang satu set berupa apel, mangga, anggur, pisang, dan lain-lain.


Baca juga:

(Visited 4.644 times, 11 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *