Doppelganger, Si Kembaran Misterius

Pidipedia.com-Ada banyak catatan-catatan yang mengatakan bahwa orang-orang mengaku bertemu dengan dirinya sendiri, atau kerabat yang bertemu dirinya namun di tempat yang berbeda. Fenomena ini sering disebut dengan istilah doppelganger. Doppelganger sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Jerman, yang terbagi menjadi 2 kata yaitu Doppel (Double) dan Ganger (Walker) yang dapat di artikan sebagai kembaran anda yang berjalan/bergerak/hidup. Fenomena ini berbeda dengan penampakan hantu. Jika penampakan hantu berarti seseorang melihat citra orang yang telah meninggal, maka fenomena doppelganger berarti melihat bayangan seseorang yang masih hidup.

Dalam banyak kasus, Doppelganger sering dianggap sebagai pertanda nasib buruk. Dalam beberapa tradisi, sebuah doppelganger yang dilihat oleh teman seseorang atau kerabat menandakan penyakit atau bahaya, sementara jika doppelganger yang dilihat sendiri merupakan pertanda kematian. Tidak diketahui kapan pertamakali fenomena ini muncul. Catatan mengenai Doppelganger ditulis oleh Robert Kirk pada tahun 1961, dalam tulisan tersebut dikatakan fenomena aneh ini telah muncul dalam kisah2 rakyat Skotlandia dan Irlandia. Dalam mitologi Nordik, ada hantu yang disebut vardoger, yaitu hantu yang mendahului orang yang hidup dan terlihat melakukan tindakan mereka lebih dulu. Berikut beberapa kisah Doppelganger yang benar-benar terjadi.


Abraham Lincoln

Abraham-Lincoln

Presiden Amerika Serikat ke-16, Abraham Lincoln pernah mengalami kejadian aneh serupa. Abraham di kenal sebagai seorang yang jujur dan terbuka akan hal-hal paranormal. Diceritakan bahwa saat Lincoln terpilih menjadi presiden, suatu ketika dirinya sedang duduk di kursi dan melihat bayangan dirinya di cermin. Meski bayangan tubuhnya utuh, namun ada 2 kepala di sana. Salah satunya tambak pucat & kabur. Ia terkejut dan berdiri dari kursinya, akan tetapi bayangan tersebut hilang. Namun ketika ia mencoba untuk duduk dan melihat kecermin tersebut, ia melihat bayangan tersebut lagi. Beberapa hari kemudian, bayangan dirinya dengan dua wajah itu kembali muncul. Namun penampakan itu adalah penampakan yang terakhir kalinya.

Istrinya mendengarkan cerita dari Lincoln dan mengatakan bahwa dua wajah itu berarti Lincoln akan terpilih sebagai presiden sebanyak dua kali, wajah yang lebih pucat berarti ia tidak akan hidup melawati masa jabatan keduanya. Entah darimana istrinya mengetahui hal itu, namun prediksinya terbukti benar karena pada tahun 1865 Lincoln terbunuh pada saat memegang masa jabatan keduanya.  Lincoln ditembak di teater Ford, Washington, Amerika Serikat, pada 14 April 1865 & meninggal keesokan harinya tanggal 15 April 1865 pada usia 56 tahun.


Dr.Wynn Wescott

wynn-wescott

Pada tanggal 12 April 1888, di British Museum of London, sebuah laporan doppelganger menciptakan kehebohan diantara karyawan museum. Dr. Wynn Wescott dan Pendeta W.T Lemon dijadwalkan untuk bertemu di ruang baca museum. Pendeta Lemon tiba beberapa menit lebih awal dan melihat Dr. Wescott sedang terlibat pembicaraan dengan seorang rekannya yang bernama Mrs. Salmon. Tak berapa lama kemudian, Mrs Salmon dengan sopan mengucapkan salam kepada Dr.Wescott dan meninggalkan pembicaraan. Ia berjalan melewati pendeta Lemon dan juga memberi salam. Lalu, Mrs Salmon menoleh ke Dr.Wescott untuk memberitahu bahwa Pendeta Lemon telah tiba. Namun ia terkejut karena menyadari bahwa Dr. Wescott yang tadi berdiri telah hilang. Pendeta Lemon dan Mrs. Salmon lalu bertanya kepada resepsionis dan petugas museum lainnya. Mereka mendapatkan jawaban yang sama. Semua memang melihat Dr. Wescott masuk ke ruangan itu, namun tidak ada yang melihat ia meninggalkan ruang tersebut. Kaget dan kuatir, mereka mengecek ke rumah Dr. Wescott dan tidak disangka mereka menemukan Dr. Wescott sedang terbaring di ranjang, sakit dan tidak meninggalkan tempat tidurnya sejak pagi.


Emilie Sagee

emilie_sagee

Mungkin ini merupakan cerita Doppelganger yang paling menakutkan, jika biasanya Doppelganger hanya dilihat oleh orang terkait maka yang satu ini dilihat oleh banyak orang. Menurut kisahnya, Emilie Sagee yang berumur 32 tahun adalah seorang guru asal Prancis yang sangat baik dan dipekerjakan di Pensionat von Neuwelcke School, untuk putri bangsawan. Gadis-gadis inilah yang mulai melaporkan melihat Emilie Sagee di dua tempat yang berbeda, namun pada waktu yang sama.

Bayangan dirinya pertama kali terlihat di kelas dimana 13 muridnya menyaksikan bayangannya berdiri di sisi Sagee dan mencerminkan gerakan dirinya. Kemudian bayangannya berdiri di belakang dirinya dan melakukan aksi pantonim dari berbagai gerakannya, Sagee sendiri menyadari kehadiran bayangannya tersebut. Di lain peristiwa, saat Sagee sedang mengawasi salah satu muridnya yang sedang berpakaian untuk menghadiri sebuah perayaan, gadis tersebut melihat Sagee dan kembarannya dari kaca. Gadis tersebut sangat ketakutan dan langsung pingsan. Dalam suatu acara, 42 murid menyaksikan kembaran misterius Sagee, sedang duduk di ruang kelas mengerjakan sulaman. Sedangkan Sagee yang asli sedang mengambil bunga di taman. Beberapa gadis yang berani, mencoba mendatangi kembarannya. Mereka menemukan bahwa, mereka bisa menembusnya dan tidak memberikan efek pada kembaran tersebut.

Beberapa saat kemudian bayangannya tersebut yang hanya muncul di kelas, dapat bergerak ke segala tempat dan bayangannya tersebut menjadi permanen atau memiliki tubuh fisik dan mulai menganggu anak-anak di sekolah tersebut. Walaupun Sagee merupakan guru yang sangat baik, namun kepala sekolah terpaksa memecat dirinya dikarenakan komplain yang di terima oleh orang tua murid yang khawatir.


Investigasi Sains, Psikologis dan Filosofis

Pada bulan september 2006 dilaporkan bahwa Shahar Arzy dan beberapa rekannya dari University Hospital, Geneva, Switzerland, telah menemukan penyebab fenomena doppelganger dengan jalan menstimulasi otak pasien dengan gelombang elektromanetik. Ia mengaplikasikan stimulasi elektris pada bagian cabang otak temporoparietal sebelah kiri kepada seorang pasien wanita yang diminta berbaring. Si pasien merasakan kehadiran orang lain di extrapersonal space. Tidak seperti penderita epilepsi yang memang banyak dirawat di tempat tersebut, pasien wanita tersebut benar-benar sehat. Kembaranya itu digambarkan si pasien memiliki tampilan lebih muda, tidak jelas laki-laki atau perempuan, tidak bergerak, dengan postur tubuh yang mirip dengan dirinya. Orang itu berada tepat di belakangnya, bahkan hampir menyentuh dirinya. Stimulasi elektris kedua diaplikasikan dengan tingkat intensitas yang lebih tinggi dimana posisi pasien tetap berbaring dengan tangan yang diikat. Kali ini si pasien merasakan kehadiran seorang pria yang memegang tanganya erat-erat. Terakhir, dalam posisi duduk, stimulasi elektris kembali dilakukan ketika si pasien diminta untuk menyelesaikan serangkaian tes bahasa dengan satu set kartu. Si pasien merasakan kehadiran orang lain yang duduk dibelakangnya dan meminta dirinya untuk tidak membaca.

Arzy menyimpulkan bahwa ketika bagian cabang temporoparietal terganggu maka sensasi kehadiran orang lain yang serupa dengan si penderita akan muncul. Ia memaparkan bahwa fenomena doppelganger dapat dipicu oleh kelainan mental seperti schizophrenia, yang berkelanjutan dengan paranoia dan delusi. Singkatnya, fenomena doppelganger mungkin disebabkan oleh adanya gangguan pada cabang temporoparietal di sebelah kiri.


Baca Juga:

(Visited 220 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *