Euforia Perayaan Tahun Baru 2016 di Berbagai Negara

Pidipedia.com-Perayaan tahun baru di Indonesia di meriahkan dengan berbagai pertunjukkan kembang api seperti tahun-tahun sebelumnya. Suara letusan kembang api silih berganti menyelimuti sekitaran Bundaran Hotel Indonesia (HI) sejak Kamis (31/12/2015) malam hingga Jumat (1/12/2015) dini hari. Percikan api berbagai warna juga turut menghiasi langit sekitar tempat penyelenggaraan Car Free Night.  Dari bawah, ribuan warga duduk di sepanjang jalan Thamrin – Sudirman untuk menyaksikan pesta tahunan tersebut. Bukan hanya kembang api, suara terompet juga turut menggema di Bundaran Hotel Indonesia. Suara tersebut mengiringi pergantian tahun dari 2015 menuju 2016.

Tak hanya di Indonesia, banyak negara lain yang juga merayakannya dengan pertunjukkan kembang api yang meriah. Meskipun tak merayakan dengan serentak, tapi euforia di setiap negara hampir sama serunya.


Burj Khalifa, Dubai

2016-dubai

Malam Tahun Baru 2016 berlangsung spektakuler di menara tertinggi di dunia, Burj Khalifa, di Dubai, semalam. Selain kembang api 1,6 ton dinyalakan, 400 ribu lampu LED menyala di Burj Khalifa membentuk tulisan raksasa “2016”. Kembang api yang menyala 20 menit itu disuguhkan untuk menandai pergantian tahun.

Dubai-New-Year-2016

Pesta malam Tahun Baru itu memikat ratusan ribu orang untuk berdatangan dan berkumpul. Perayaan berlangsung beberapa jam setelah hotel bintang lima dengan 63 lantai di dekat Burj Khalifa terbakar hebat. Satu orang terkena serangan jantung dan 15 terluka, Media resmi Pemerintah Dubai menyatakan 90 persen kebakaran Gedung Address dapat dikendalikan. Terkait insiden kebakaran di Address Downtown Hotel, Pemerintah Dubai berjanji akan menyediakan hotel alternatif untuk akomodasi bagi orang-orang yang telah terlanjut memesan kamar hotel yang dilalap api itu.

Address-Downtown-Hotel


Sungai Thames, London

BigBenTower-London

Dalam menyambut tahun baru 2016 yang berlangsung tadi malam, London mengadakan pesta meriah dengan melepaskan total 12.000 kembang api secara bersamaan tepat pukul 00:00 dan menjadi latar yang indah bagi jam terbesar di wilayah metropolitan terbesar di Britania Raya, Big Ben. Pertunjukkan spektakuler tersebut memesona London selama 11 menit. Ribuan orang berkumpul di tepi Sungai Thames untuk menyaksikan momen tak terlupakan dan memukau setiap mata yang melihatnya.

ThamesRiver-London

Acara tersebut berlangsung aman karena di jaga oleh 3000 personil kepolisian London dan menghabiskan dana sebesar GBP1,8 juta atau Rp36,7 miliar.


Sydney, Australia

NewYear2016-Sydney

Festival kembang api terbaik dan termegah yang pernah ada diluncurkan di Sydney. Tepat pukul 00.00, gelapnya malam pecah dengan semburan merah menyala di atas Harbour Bridge dan Opera House. Disaksikan jutaan orang, pesta kembang api Sydney diiringi efek khusus membentuk bendera Aborigin raksasa, yang menjadi salah satu ciri khas Negeri Kanguru.

NewYear2016-Sydney
Musik-musik juga mengalun merdu, melantunkan lagu-lagu hits pada 2015. Sebut saja di antaranya Uptown Funk yang dipopulerkan penyanyi Bruno Mars dan Hold Back The River yang dinyanyikan James Bay. Kabarnya, pertunjukan itu menghabiskan dana hingga AUD7 juta atau setara Rp70,6 miliar dan diadakan selama kurang lebih 15 menit.


Tokyo, Jepang

NewYear2016-Tokyo

Uniknya, meskipun kembang api identik dengan perayaan tahun baru, ada beberapa negara yang merayakannya dengan cara lain. Seperti di Tokyo, Jepang, kembang api akan membuncah dari balik Tokyo Tower dan pengunjung bersama-sama melepas balon putih ke udara. Lebih dari 1000 balon putih dilepaskan keudara secara serempak yang berisikan harapan-harapan di tahun baru. Sekitar 2 ribu pengunjung berkumpul di Prince Park Tower Tokyo untuk menyaksikan perayaan ini.


Baca Juga:

(Visited 101 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *