Fakta-fakta Unik Seputar Bahasa Inggris

Di era globalisasi ini, bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang semakin lumrah digunakan sebagai bahasa pergaulan internasional. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang menjadikan penguasaan bahasa Inggris sebagai salah satu syarat dalam perekrutan kerja.

Maka dari itu, agar tidak tergerus dan tersisihkan zaman, kita harus mengusahakan agar tidak buta-buta amat terhadap bahasa Inggris, minimal kita bisa menguasai meskipun secara pasif.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik yang dapat menambah pengetahuan kita dan bisa membuat belajar bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan:

1. Kalimat The quick brown fox jumps over the lazy dog menggunakan setiap huruf yang ada dalam abjad (a, b, c, d sampai z).

2. Apabila di Amerika orang sering menggunakan kata “Excuse Me”, maka di Inggris orang lebih banyak menggunakan kata “Pardon Me” walaupun arti keduanya sama.

3. Typewriter adalah kata terpanjang yang dapat diketik menggunakan huruf-huruf yang terdapat pada satu baris tombol keyboard (baris QWERTY).

4. Kata Racecar, Kayak dan Level dapat dibaca bolak-balik dari kiri ke kanan ataupun dari kanan ke kiri.

5. The adalah kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. Bila Anda tidak percaya, cobalah berbicara dalam bahasa Inggris standar yang benar selama 5 menit tanpa menggunakan kata the.

6. Stewardesses adalah kata terpanjang yang dapat diketik di keyboard hanya dengan menggunakan tangan kiri Anda. Sedangkan untuk tangan kanan, lollipop adalah yang terpanjang.

7. Ada dua kata dalam bahasa Inggris yang menggunakan kelima huruf hidup secara berurutan (a, e, i, o, u), yaitu: Abstemious dan Facetious.

8. Tidak ada kata dalam bahasa Inggris yang berima (berakhiran bunyi sama) dengan Month, Orange, Silver, Purple, Angst dan Scalp.

9. Huruf yang paling sering dipakai dalam bahasa Inggris adalah huruf ‘e’. Ini merupakan fakta baik dalam penggunaan bahasa Inggris secara umum, dalam karya fiksi dan non-fiksi, jurnalisme, kitab suci dan bahkan kode Morse!

10. Untuk huruf konsonan, huruf yang paling sering dipakai adalah huruf ‘t’.

11. Huruf yang paling sedikit digunakan dalam bahasa Inggris adalah ‘Q’ – bukan ‘Z’.

12. Lima huruf yang paling sering muncul sebagai huruf pertama dalam kata bahasa Inggris – secara berurutan – adalah ‘t’, ‘o’, ‘a’, ‘w’ dan ‘b’.

13. Hanya ada empat kata dalam bahasa Inggris yang berakhir dengan suku kata ‘dous’, yaitu: Tremendous, Horrendous, Stupendous dan hazardous.

14. Dreamt adalah satu-satunya kata bahasa Inggris yang berakhir dengan huruf ‘mt’.

15. Jack merupakan nama yang paling banyak digunakan di negara Inggris.

16. 80% perangkat komputer di dunia menggunakan Bahasa Inggris.

17. Kamus Bahasa Inggris pertama di dunia ditulis pada tahun 1755 Masehi.

 

Baca juga: Yang Benar “Frustrasi”, Bukan “Frustasi”

(Visited 275 times, 1 visits today)

Comments

comments