Fakta-fakta Unik Seputar Kopi

Kopi merupakan minuman yang sangat familiar, bahkan bisa dibilang salah satu minuman paling populer di dunia. Lebih dari 400 milyar cangkir kopi diminum oleh penduduk dunia setiap tahunnya. Meminum kopi bagi sebagian orang atau daerah sudah menjadi gaya hidup bahkan tradisi, tidak di kampung tidak di kota.

Tapi, seberapa kenalkah Anda dengan minuman beraroma khas ini? Berikut fakta-fakta unik tentang kopi yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Gembala-gembala di Ethiopia adalah yang pertama kali menyadari tentang efek kafein setelah melihat kambing-kambing yang mereka gembalakan bergerak sangat lincah, bahkan seperti menari, setelah memakan biji-biji kopi.

2. Kebiasaan aslinya, biji kopi dimakan, bukan diminum. Adalah suku-suku di Afrika yang senang mencampurkan biji-biji kopi dengan lemak semacam mentega untuk kemudian dimakan. “Camilan” biji kopi ini diyakini sangat akurat untuk menambah energi.

3. Masa Kebangkitan Islam adalah pemberi kontribusi yang cukup besar akan kepopuleran kopi. Karena minuman alkohol diharamkan, maka kopi dianggap sebagai minuman yang bisa diterima dan juga sering dikonsumsi pada era itu.

4. Semua tanaman kopi di bumi ini tumbuh di satu garis lintang bernama The Bean Belt atau The Coffee Belt. Area ini terbentang antara antara Garis Balik Utara (Tropics of Cancer) dan Garis Balik Selatan (Tropics of Capricorn). Hawaii adalah satu-satunya Negara bagian Amerika yang ditumbuhi oleh tanaman kopi.

5. Tahun 1675, Raja Inggris melarang segala aktifitas berbentuk kedai kopi karena ia mencurigai bahwa kedai-kedai kopi adalah sarana orang-orang berkumpul untuk berkonspirasi melawannya.

6. 70% peminum kopi di seluruh dunia mengonsumsi jenis Arabika yang memiliki rasa lebih lembut dan aromatik. Sementara sisanya 30% meminum Robusta yang lebih pahit tapi nikmat dan mengandung kafein 50% lebih banyak daripada Arabika.

7. Pohon kopi bisa tumbuh tinggi hingga berukuran 30 kaki (atau sekitar 9 meter) tapi kebanyakan pohonnya dipangkas hingga sampai 10 kaki (atau 3 meter) saja agar bijinya gampang dipetik.

8. Kopi adalah komoditi terbesar kedua yang diperdagangkan di muka bumi. Yang pertama adalah minyak.

9. George Washington adalah penemu kopi instan. Tapi bukan George Washington sang Presiden Amerika, melainkan seorang berkebangsaan Belgia yang tinggal di Guatemala. Washington orang Belgia ini menemukan kopi instan di tahun 1906.

10. Istilah “Americano” berasal dari tentara-tentara Amerika semasa perang dunia kedua. Para tentara Amerika ini biasanya memesan espresso tapi kemudian dicampur dengan air untuk sedikit meringankan rasanya.

(Visited 53 times, 1 visits today)

Comments

comments