Inilah Cita-cita Favorit Anak-anak

Pidipedia.com-Cita-cita adalah suatu impian dan harapan seseorang akan masa depannya, berwujud abstrak atau imajinatif. Bagi sebagian orang cita-cita itu adalah tujuan hidup dan bagi sebagian yang lainnya cita-cita itu hanyalah mimpi belaka. Namun pernahkan anda memiliki cita-cita sewaktu masih kecil ? Berikut ini adalah beberapa profesi yang menjadi cita-cita bagi anak-anak:


Dokter

dokter-cilik

Dokter merupakan pekerjaan yang mulia, lebih mulia dari si superhero Spiderman, Superman atau Wonder Woman. Menyelamatkan jiwa orang lain adalah hal yang paling ingin dilakukan semua orang, termasuk anak-anak. Di dalam pikiran mereka masih dipenuhi dengan kedamaian dan rasa cinta, untuk itu tak heran jika cita-cita utama mereka adalah menjadi dokter dan menyelamatkan orang-orang yang jatuh sakit.


Pilot

pilot-cilik

Rupanya profesi ini menjadi salah satu profesi favorit setelah dokter. Tetapi ini juga menjadi salah satu bukti bahwa anak-anak ingin diberi kebebasan agar bisa terbang dengan bebas dan bahagia.


Astronot

astronot-cilik

Menjadi astronot bukanlah hal yang mudah bagi anak-anak, terutama mereka tinggal di Indonesia, yang belum pernah mengirimkan roketnya sendiri ke bulan. Tetapi rasa keingintahuan dan kecintaan anak-anak pada angkasa maupun alam begitu besar dan sangat luar biasa.


Presiden

presiden-cilik

Memang tak semua orang bisa serta merta menjadi presiden, namun hal ini menunjukkan bahwa anak-anak memiliki jiwa kepemimpinan yang tak boleh kita abaikan. Sifat keberanian, kebijaksanaan serta pengetahuannya harus kita pupuk sejak dini.


Artis

artis-cilik

Impian menjadi artis bukan hanya impian satu atau dua orang saja. Menjadi artis berarti terkenal dengan segala kepiawaian akting dan tampilan secara fisik. Hidup dipuja-puja dengan bergelimang harta. Namun bukan kemakmuran dan nama besar yang membuat anak-anak tertarik pada profesi artis, melainkan mereka sangat mengidolakan menjadi seperti artis yang mereka suka, terutama dalam hal tampilan.


Atlet

atlet-cilik

Anak-anak bisa jadi ingin menjadi seperti Lionel Messi, penyerang klub sepakbola Barcelona yang paling terkenal saat ini. Kehebatan tendangan dan kemampuan mencetak gol-gol indahlah yang mereka dambakan.


Guru

guru-cilik

Guru adalah sosok yang sabar, serba tahu dan selalu dihormati. Menjadi guru merupakan profesi superhero yang selalu didambakan oleh anak-anak. Siapa yang tak senang dapat mengajarkan suatu hal baru pada orang lain.


Polisi

polisi-cilik

Menangkap penjahat, membekuk dan menjebloskan penjahat ke dalam penjara. Hingga bisa menyelamatkan dunia dari kejahatan. Apakah Anda juga dulu ingin jadi polisi dan menangkap penjahat?


Super Hero

spiderman-cilik

Anak-anak sangat mengagumi pesan moral dari kisah seorang super hero idolanya, mengamankan dunia dari kejahatan seperti Iron Man, menjaga desa serta menjadi pahlawan bagi semua seperti Naruto.


Menjadi seperti Ayah dan Ibunya Sendiri

orangtua-dan-anak

Hampir semua anak-anak ingin menjadi seperti kedua orang tua mereka. Tak ada profesi yang paling hebat selain profesi yang satu ini, kecuali bagi mereka yang yatim/piatu. Namun sadarilah bahwa Anda sebagai orang tua adalah profesi yang paling diperhatikan oleh anak-anak,  mereka sangat mengidolakan anda sebagai pahlawan mereka, jadi sebaiknya memang kita bersikap sebagai idola.

Namun kerap kali cita-cita seorang anak berubah-ubah, cita-cita anak yang sering berubah memang mengindikasikan perkembangan imajinasi dan perkembangan cara berpikir anak. Namun tidak ada salahnya bila sedini mungkin orang tua bisa memperkenalkan konsep cita-cita pada anak ketika ia sudah mulai bisa diajak komunikasi. Meskipun anak belum bisa berkomunikasi secara verbal, sebenarnya orang tua sudah bisa menghadirkan stimulasi dengan cara memberikan pengalaman anak secara luas berkaitan dengan lingkungan kehidupannya. Orang tua harus paham betul apa yang diminati dan diinginkan oleh anaknya. Dampingi dan dukung anak untuk meraih cita-citanya, dan jangan memaksa mereka mengikuti keinginan orang tua.


Baca Juga:

(Visited 272 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *