Inilah Perbedaan Wajib Militer dan Bela Negara

WAJIB MILITER

Wajib Militer (Wamil) adalah Pelatihan yang diberikan negara kepada warganya untuk persiapan perang. Wamil diwajibkan bagi seluruh warga pria berusia antara 18-27 tahun tanpa terkecuali. Baik itu mahasiswa, artis, atlit, pejabat dan lain sebagainya.

Setiap warga (wamil) diwajibkan untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara untuk mengikuti pendidikan militer guna meningkatkan ketangguhan, keberanian dan kedisiplinan seorang itu sendiri. Namun keanggotan tentaranya hanya bersifat cadangan dan sementara. Pelatihan itu dimaksudkan bilamana suatu waktu terjadi sesuatu yang tak terduga/ perang, maka setiap warga siap terjun untuk memperkuat pertahanan negara dengan bekal taktik dan tehnik dasar bertempur yang sudah mereka miliki.

Selain itu, ada juga Negara yang mewajibkan Wajib Militer bagi warga wanitanya seperti di Israel, Korea Utara dan Suriname.


BELA NEGARA

Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut.

Bela Negara hanya latihan keprajuritan. Setiap warga yang mengikuti pelatihan itu akan ditanamkan rasa Patriotisme, cinta Tanah Air, dan latihan baris berbaris. Kemudian dilatih kedisiplinan, soliditas, dan diajarkan kebersamaan.

Unsur Dasar Bela Negara
• Cinta Tanah Air
• Kesadaran Berbangsa & bernegara
• Yakin akan Pancasila sebagai ideologi Negara
• Rela berkorban untuk bangsa & Negara
• Memiliki kemampuan awal bela negara


 

Baca Juga :

(Visited 584 times, 4 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *