Inilah Simulasi Cara Menggunakan Aplikasi CAT Online

Pidipedia.com-Bagi para peserta yang akan mengikuti ujian atau tes, biasanya tak asing lagi dengan istilah tes Computer Assisted Test (CAT). Aplikasi terbaru ini biasa digunakan oleh lembaga penyelenggara tes, baik itu tes cpns maupun tes masuk perguruan tinggi.

Pasalnya, selain memudahkan panitia dalam mengolah nilai hasil tes tersebut, dewasa ini minimalnya lulusan SMA sudah familiar dengan teknologi informasi dan komunikasi. Jadi diharpkan semua peserta dapat mengikutinya tanpa kendala, karena bentuk tes ini terkesan lebih transparan dan jauh dari isu sogok-menyogok.

Maka dari itu, bagi para calon mahasiswa di tujuh sekolah ikatan dinas tentunya harus sudah siap mengikuti tes dengan cara ini.

Dari JPNN, Kabag Sistem Informasi pada Biro Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Taufikurahman mengungkapkan, dalam aplikasi CAT ini di dalamnya tersedia beberapapilihan.

Di antaranya ialah beranda, registrasi, mulai CAT, papan skor, informasi CPNS, CAT offline, bantuan dan kontak. “Simulai CAT ini bisa dikunjungi melalui partner website Menpan RB di www.sc.menpan.go.id” ujarnya di Jakarta, Senin (11/4).

Cara pendaftaran yang dilakukan peserta adalah dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan biodata diri meliputi tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir serta instansi yang dituju.

Waktu yang diberikan untuk peserta ujian sekitar 15 menit dengan jumlah soal sebanyak 30 buah. Soal-soal yang disajikan berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).


Baca Juga:

(Visited 250 times, 5 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *