Jangan Lakukan Hal-Hal Ini Pada Mata Anda

Mata adalah bagian dari panca indera kita yang sangat penting fungsinya. Dengan memiliki mata yang sehat, maka kita bisa melihat keindahan dunia beserta isinya. Untuk itulah kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata agar tidak mengalami berbagai penyakit atau masalah kesehatan lainnya seperti rabun jauh, presbiopi, miopi maupun hipermetropi.

Banyak cara agar mata sehat dan terhindar dari penyakit yang bisa kita lakukan. Tidak harus mahal, mulai menjaga mata dari hal-hal kecil dan mudah seperti menjaga interaksi langsung antara mata dengan cahaya yang terlalu silau.

Berikut ini beberapa hal yang jangan Anda lakukan pada mata Anda karena berpotensi merusak kesehatannya:

1. Kerja dan membaca dalam cahaya redup

Bekerja dan membaca di lampu redup bisa menyebabkan ketegangan mata. Untuk membuat diri Anda lebih nyaman, sebaiknya Anda bekerja dan membaca di daerah yang terang.

2. Menatap langsung ke matahari

Jangan menatap langsung ke matahari bahkan jika Anda mengenakan kacamata hitam UV. Sinar matahari sangat kuat dan bisa merusak bagian-bagian sensitif dari retina jika terkena sinar matahari secara langsung.

3. Tidur menggunakan softlens

Jangan pernah tidur dengan lensa kontak Anda kecuali dokter Anda secara khusus menginstruksikan Anda untuk melakukannya. Mata Anda perlu aliran rutin oksigen, terutama saat tidur.

4. Berenang menggunakan softlens

Jangan pernah berenang menggunakan lensa kontak kecuali Anda memakai kacamata renang. Air adalah tempat berkembang biak berbagai jenis parasit yang pada kasus yang berat bisa menyebabkan kehilangan penglihatan.

5. Menggosok mata Anda

Jangan pernah menggosok mata Anda terlalu sering karena bisa mematahkan pembuluh darah di bawah kelopak mata.

6. Menatap layar komputer / tablet dan ponsel terlalu lama

Jangan pernah menatap layar komputer selama berjam-jam karena bisamenyebabkan ketegangan mata dan mata kering. Batasi waktu Anda melihat komputer, tablet dan layar telepon jika memungkinkan.

7. Menggunakan obat tetes mata yang salah

Temui dokter sebelum menggunakan obat tetes mata.

8. Menggunakan makeup mata terlalu lama

Makeup Anda kemungkinan besar terkontaminasi dengan hal-hal yang bisa memengaruhi mata Anda. Buang riasan mata Anda setiap tiga bulan agar aman.

9. Menyepelekan keluhan di mata Anda

Jika ada sesuatu yang salah dengan mata Anda bahkan jika tampaknya kecil maka sangat penting untuk segera mengunjungi dokter mata Anda.

 

Baca juga: 5 Hal yang Jangan Dilakukan Sebelum Tidur

(Visited 46 times, 1 visits today)

Comments

comments