Jangan Memanaskan 8 Makanan Ini, Bisa Jadi Racun!

Pidipedia.com – Jika makanan yang dimasak terlalu banyak dan kita merasa sayang untuk membuangnya, hal yang biasanya kita lakukan adalah menyimpannya di dalam kulkas untuk kemudian dihangatkan kembali saat akan dimakan.

Kita mungkin sudah menganggap lumrah kebiasaan menghangatkan makanan tersebut, karena selain praktis, juga dapat menghemat resiko dapur agar tidak membuat atau membeli makanan yang baru lagi.

Namun tahukah Anda? sebuah penelitian menemukan bahwa kebiasaan ini justru membahayakan kesehatan tubuh Anda, sebab mampu mengubah makanan jadi zat beracun.

Lalu makanan apa sajakah yang bisa menjadi racun bila dipanaskan? Berikut adalah di antaranya:

1. Kentang

Kentang sangat sehat untuk dikonsumsi dengan cara direbus bersama kulitnya. Namun kentang rebus ini akan berubah menjadi racun saat dipanaskan ke dalam microwave.

2. Ayam

Ayam mengandung sejumlah tinggi protein. Memanaskan ayam mampu membuat komposisi protein berubah menjadi racun yang akan mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda.

3. Telur

Apakah itu diolah dengan cara direbus, dikukus, atau digoreng, telur tetap bergizi sebab memiliki kandungan kalsium, nutrisi, dan berbagai unsur gizi lainnya. Ketika dipanaskan dalam suhu tinggi, maka nutrisinya akan hilang dan kuning telur berubah menjadi racun bagi tubuh.

4. Seledri

Seledri merupakan sayuran berdaun hijau yang mengandung nitrat. Dan saat dipanaskan, nitrat mampu berubah menjadi nitrit yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu Anda sebaiknya berhati-hati saat makan sup yang ada di dalam sup yang dipanaskan.

5. Lobak

Lobak merupakan sayuran super sehat yang sebaiknya dikonsumsi setidaknya sekali seminggu. Namun saat sayuran ini dipanaskan, maka akan muncul zat asam yang mampu mengganggu kesehatan perut.

6. Nasi

Ketika nasi sudah dimasak, maka harus dikonsumsi saat itu juga. Sebab saat Anda memanaskan kembali nasi yang sisa, maka akan menyebabkan pertumbuhan spora. Spora ini akan menghasilkan bakteri dan kuman yang membuat Anda merasa mual dan sakit.

7. Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan makanan super sehat. Mengolahnya pun tidak boleh terlalu matang sebab dapat merusak kandungan gizinya. Memasak terlalu matang saja tidak disarankan, apalagi memanaskannya kembali, sebab kandungan vitamin K dan nitrat di dalamnya mampu menjadi racun yang dapat mempengaruhi sistem saraf.

8. Jamur

Memanaskan jamur membuat kandungan protein dan gizi dalam jamur berubah menjadi racun. Dalam beberapa kasus, mengonsumsi jamur yang dipanaskan juga akan mempengaruhi kerja jantung.

Baca juga:

(Visited 206 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *