Jangan Minum Air Dingin Saat Makan Makanan Pedas!

 

Pidipedia.com-Makanan pedas memang banyak di favoritkan orang dari belahan dunia mana pun, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, masakan pedas menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki penggemar cukup banyak. Bahkan, beberapa daerah di Tanah Air, terkenal dengan masakan pedasnya. Uniknya, semua pecinta makanan pedas ini pasti berprilaku sama dengan orang yang tidak menyukai makanan pedas saat kepedasan. Kalau sudah kepedasan, umumnya mereka memilih untuk buru-buru menenggak segelas air dingin untuk menghilangkan rasa pedas dimulut mereka.

Air dingin memang terasa dapat menghilangkan rasa pedas lebih cepat. Namun ternyata cara ini salah dan berisiko buruk bagi kesehatan. Ketika makanan pedas masuk ke rongga mulut, hal ini akan menstimulasi daerah di rongga hidung dan faring. Sehingga jutsru akan membuat permukaan lidah merasakan efek semakin panas. Namun, karena tingkat reseptor tiap orang berbeda, maka tingkat pedas yang dirasakan setiap orang pun berbeda. Ketika mengonsumsi minuman dingin saat kepedasan, sensasi pedas memang akan cepat berkurang. Namun jangan salah, setelah itu rasa pedas akan bertambah berkali-kali lipat.

Penyebab hilangnya efek pedas sementara saat minum air dingin itu disebabkan karena es merupakan salah satu anestasi lokal, sehingga pada saat kita meminumnya, maka syaraf-syaraf yang ada pada lidah mati rasa dan itulah yang menyebabkan kita tidak merasakan rasa pedas untuk sementara.

Oleh karena itu, saat merasa kepedasan Anda justru dianjurkan untuk mengonsumsi air hangat. Hal ini disebabkan makanan pedas mengandung senyawa bernama capsaicin yang akan larut jika bertemu air hangat sehingga rasa pedas akan cepat hilang.


Baca Juga:

(Visited 261 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *