Jemuran Tak Kering? Inilah 7 Tips Mengeringkan Pakaian di Musim Hujan

Pidipedia.com-Datangnya musim hujan adalah anugerah yang patut kita syukuri. Karena dengan turunnya hujan, bisa memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan.

Akan tetapi, datangnya musim hujan terkadang membuat sebagian orang terutama ibu-ibu merasa kebingungan dan cukup dibuat pusing karena jemuran mereka tak kunjung kering, pada akhirnya jemuran yang masih basah menumpuk hingga mengeluarkan aroma tak sedap. Padahal ada beberapa baju penting  seperti seragam sekolah, kerja atau lainnya yang akan dipakai pada esok harinya..

Jangan khawatir, dengan sedikit kreativitas, Anda dapat mengeringkan cucian walau tanpa sinar matahari.

Bagaimana caranya? Berikut adalah cara atau tips mengeringkan pakaian di musim hujan:


1. Manfaatkan lampu sebagai matahari buatan

Cara ini bisa dikatakan bahwa lampu dianggap sebagai matahari buatan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggantungkan pakaian anda dibawah lampu atau area yang berdekatan dengan lampu, atur agar sinar lampu bisa menyinari bagian yang basah di pakaian anda. Untuk hasil yang lebih optimal, maka gunakan lampu bohlam. Cahaya lampu dapat memberikan hangat yang cukup panjang, walaupun kering dari pakaian anda tidak sekering di jemur dengan matahari. Namun untuk keadaan darurat hal ini bisa anda gunakan.

“Perhatian: pada saat mengeringkan, usahakan bola lampu tidak bersentuhan langsung dengan pakaian, karena dapat menyebabkan pakaian hangus bahkan bisa terbakar.”


2. Gunakan hairdryer dan kipas angin

Pada dasarnya untuk mengeringkan baju tidak selalu menggunakan yang panas – panas, dengan bantuan angin pun pakaian bisa kering. Salah satu alat yang sering ada di rumah, seperti kipas angin atau hairdrayer bisa anda gunakan untuk mengeringkan pakaian anda.

Caranya yaitu dengan membentangkan pakaian menggunakan gantungan baju atau Anda dapat meletakkannya pada sebuah bidang datar seperti tempat tidur kemudian angin-anginkan sebentar dengan bantuan kipas angin. Setelah itu gunakan pengering rambut untuk mengeringkan cucian baju Anda sekitar 30 menit hingga benar-benar kering.


3. Menggunakan handuk kering

Jika di dalam rumah anda ada handuk kering yang tidak terpakai dan masih bersih, sebetulnya anda bisa mengeringkan baju atau celana anda dengan handuk tersebut, dengan cara memasukan handuk dan pakaian yang basah, ke mesin pengering yang ada di mesin cuci. Handuk kering tersebut akan menyerap air dari pakaian, sehingga proses pengeringan yang di berikan mesin cuci lebih efektif karena di bantu oleh handuk kering tersebut.


4. Membuat jemuran portable

Di musim seperti ini yang hujannya tidak menentu atau terus seharian hujan, pastinya anda sering cape, karena harus mengambil pakaian yang sudah kering dari jemuran agar tidak kehujanan, dan pada saat pakaian anda sudah di selamatkan walaupun ada yang masih basah, hujan pun reda dan matahari mulai muncul, pastinya anda harus menjemur kembali pakaian yang masih basah. Nah dengan menggunakan jemuran portable, anda tidak perlu repot – repot untuk menjemur kembali, cuckup bawa jemuran portabel tersebut dari jangkuan air hujan.


5. Menggunakan setrika

Dan tips yang terakhir untuk mengerinagkan baju di saat hujan, adalah menggunakan setrika, untuk menggunakan tips ini pakaian anda harus dalam keadaan lembab dan tidak boleh dalam keadaan basah dan banyak air. Untuk caranya pun cukup mudah yaitu, anda setrika baju anda lalu angin – anginkan dengan menggunakan gantungan baju, strika mempunyai fungsi mempercepat proses penguapan pada pakaian anda yang masih basah, diamkan semalaman dan di pagi harinya pakaian anda pun sudah kering dan bisa di pakai langsung.

Cara ini merupakan cara yang sudah cukup lama dilakukan . Caranya yaitu peras cucian dengan kuat hingga tetesan airnya tidak ada. Kemudian setrika pakaian yang basah tersebut hingga kering. Agar terhindar dari bau karena “pengeringan” paksa, gunakan pengharum pakaian saat bilasan terakhir atau sesaat sebelum pakaian tersebut disetrika.


6. Menggunakan microwave

Microwave identik dengan peralatan dapur yang berfungsi sebagai penghangat makanan. Namun kini banyak orang yang menggunakannya sebagai alat pengganti pengering pakaian. Gunakan suhu yang cukup tinggi (sekitar 130 hingga 150 derajat Celcius) selama 5 hingga 10 menit sehingga pakaian Anda cepat mengering. Namun Anda juga harus mengeceknya sesekali untuk menghindari terjadi pengeringan berlebih yang dapat menyebabkan pakaian Anda gosong.


7. Memanfaatkan panas tubuh

Cara ini merupakan cara pamungkas, dilakukan jika memang sudah benar-benar kepepet. Misalkan baju seragam basah kuyup karena pulang sekolah, kuliah atau kerja kehujanan dijalan. Sedangkan esok harinya pakaian harus digunakan lagi, akan tetapi seragam cuma satu-satunya ditambah dirumah tidak memiliki alat-alat pengering seperti diatas. Nah, barulah anda diperbolehkan menggunakan teknik ini. Caranya yaitu dengan mencucui pakaian terlebih dahulu seperti biasa, lalu peras sekering mungkin. Tentunya sekering-keringnya pakaian hasil perasan, tidak sekering pakaian yang dipanasakan. Setelah itu gunakanlah pakaian tersebut seperti hal nya anda memakai pakaian biasa. Setelah itu pakaian akan mongering dengan bantuan panas tubuh anda dalam beberapa saat.

Cara ini cukup beresiko, karena bisa menyebabkan anda masuk angin. Keadaan ini biasanya terjadi pada anak-anak kost.

Itulah beberapa tips atau cara unik yang dapat Anda lakukan ketika ingin mengeringkan pakaian di musim hujan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat!


Baca juga:

Memasuki Musim Hujan, Waspadai Wabah DBD!

(Visited 4.788 times, 22 visits today)

Comments

comments

One Comment

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *