Jika Terjadi Serangan Seperti di Paris, Apa yang Harus Dilakukan?

Akhir-akhir ini dunia diguncang dengan serangan brutal teroris yang merenggut korban lebih dari 120 nyawa di Paris, Prancis. Meskipun kejadiannya jauh dari tempat kita, tapi ancaman aksi teroris itu nyata dan bisa terjadi di mana saja.

Serangan teroris dalam skala besar seperti yang terjadi di Paris memang sangat jarang terjadi, dan biasanya pemerintah bisa dengan sigap menghadapi keadaan darurat seperti itu. Tetapi bagaimana dengan orang biasa jika menghadapi situasi tersebut?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan jika kita berada dalam situasi yang tidak diinginkan tersebut:

1. Siap siaga

Sebagian besar korban selamat serangan Paris mengira tembakan adalah suara kembang api. Ini suatu hal yang biasa, kata John Leach, seorang psikolog dan instruktur militer. Waktu yang diperlukan untuk memahami yang terjadi sudah cukup untuk mematikan. Tetapi jika seseorang telah memikirkan keadaan terburuk maka prosesnya akan lebih cepat. Mengetahui letak pintu darurat dapat menyelamatkan nyawa.

2. Cepat bereaksi

Sebagian besar orang terlalu bingung untuk melakukan sesuatu saat serangan terjadi. Bertindak tegas mungkin bisa membuat Anda selamat, tapi hal yang manusiawi untuk menunggu orang lain bertindak lebih dulu. Seseorang yang sendirian lebih mungkin bertindak langsung.

3. Menghindar

“Jika Anda tidak terlihat, kemungkinan Anda tidak akan tertembak,” kata Ian Reed, mantan tentara Inggris yang menjadi instruktur militer dan pimpinan Formative Group. Yang pertama kali harus dilakukan adalah menghindar. Saran Reed adalah berbaring di tanah, atau yang paling ideal, menyembunyikan diri di balik tembok tebal.

4. Melawan

Meskipun dapat menjadi berbahaya, sejumlah orang memandang adalah penting untuk siap melawan jika diperlukan. Anggota ISIS tidak berencana menyandera, kata James Alvarez, psikolog dan perunding penyanderaan. “Jika saya tahu akan ditembak, saya lebih suka melawan daripada menyerah.”

5. Setelah melarikan diri

Jika Anda berhasil melarikan diri, sangatlah penting untuk tetap awas. “Bergerak sejauh mungkin, dibalik perlindungan kuat, dan datangi pihak keamanan terdekat,” kata Ian Reed.

6. Saling membantu
Bekerja sama dengan pihak lain akan meningkatkan kemungkinan selamat, kata Chris Cocking, psikolog sosial dan ahli tingkah laku kerumunan. Dia menyimpulkan cara yang tercepat dan paling efisien bagi sekelompok orang untuk melarikan diri adalah dengan bekerja sama.

 

Baca juga: Berkat Handphone, Pria Ini Selamat dari Serangan Teror di Paris

(Visited 30 times, 1 visits today)

Comments

comments