Kabar Gembira! Guru Honorer Akan Mendapat Tunjangan

Kesejahteraan guru honorer nampaknya semakin diperhatikan oleh pemerintah. Setelah pemerintah memberikan tunjangan profesi guru bagi guru PNS yang telah bersertifikat, sekarang giliran guru honorer yang akan menjadi perhatian selanjutnya. Kabarnya guru honorer juga akan mendapat tunjangan layaknya guru PNS, untuk waktu dan nominalnya tergantung dari kebijakan pemerintah daerah masing-masing.

Dimulai dari Provinsi Sulawei Utara (sulut), seperti yang telah dilansir “manadopostonline.com”; bahwa Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Sitaro Robert Kahiking SPd membenarkannya.“Gaji pokok ditambah tunjangan lainnya itu, diterima para guru non-PNS,” bebernya.

Anggaran bagi guru non-PNS telah dianggarkan dalam APBD. “Semua guru sudah dianggarkan di APBD. Jadi per guru tergantung setiap sekolah yang diambil dari dana BOS,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kurikulum dan Peningkatan Mutu Dra Agustina Budiman memastikan guru non-PNS menerima tunjangan profesi. “Semua GTT dimasukkan untuk menerima tunjangan profesi sesuai data yang dimasukkan operator di setiap sekolah,” terang Budiman.

Sistem pembayaran tunjangan profesi bagi guru non-PNS, ia jelaskan, langsung dari pemerintah pusat. Diteruskan lewat pemerintah provinsi. “Yang pasti untuk Sitaro guru non-PNS atau GTT tetap terakomodir menerima tunjangan profesi atau tunjangan guru sertifikasi,” tukas Budiman.

Terpisah, Kabag Humas Pemkab Sitaro Seska Kahiking SSos MSi mengatakan, guru honorer layak menerima tunjangan profesi. Sebagaimana data yang dilaporkan operator di setiap sekolah. “Pimpinan daerah senantiasa berupaya agar guru non-PNS dapat terakomodir menerima tunjangan. Sehingga instansi terkait dapat memperhatikan hal ini,” tandasnya.

Apakah setiap daerah akan menerapkan kebijakan tersebut?
Pastinya setiap daerah memiliki kewenangan dan kebijakan masing-masing, bahkan untuk diberlakukan atau tidaknya itu tergantung dari kebijakan pemerintah daerah masing-masing.


Baca juga:


 

(Visited 2.502 times, 3 visits today)

Comments

comments