Kabar Gembira: Tahun Baru, Harga BBM Turun

Pidipedia.Com-Kabar gembira bagi kita semua, pasalnya mulai tahun baru tepatnya tanggal 5 Januari 2016, harga bahan bakar minyak (BBM) bakal turun. Rencananya harga premium per liternya ditetapkan menjadi Rp 7.150, sedangkan solar per liternya menjadi Rp 5.950. Dengan begitu Pemerintah memanfaatkan momentum turunnya harga minyak dunia tersebut untuk mengumpulkan dana ketahanan energi.

Dana ketahanan energi tersebut diwacanakan akan mengambil dari pungutan dalam harga BBM. Sebagaimana dikatakan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, jika pemerintah menetapkan besarnya pungutan itu yaitu Rp 200 dari harga satu liter premium dan memungut Rp 300 dari harga satu liter solar.

Apabila diasumsikan, dalam setahun atau hingga akhir tahun 2016, penerimaan dana ketahanan energi mencapai Rp 16 triliun. Fokus dalam penggunaan dana ini yaitu untuk pembangunan sumber energi baru dan terbarukan. Dan dana ini juga bisa dialokasikan untuk subsidi di sektor lain. Dan pastinya akan dikelola oleh Kementerian ESDM yang kemudian diaudit oleh BPK.


Baca Juga!

6 TIPS MERAWAT VESPA TUA AGAR TETAP BANDEL

(Visited 32 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *