Kenali Gejala Awal Kanker Paru-paru

Seringkali kita terlambat mengenali gejala suatu penyakit, sehingga akibatnya bisa fatal. Jika kita dapat mengenali gejala suatu penyakit lebih awal, besar kemungkinan kita akan dapat meminimalisir resiko yang ditimbulkan penyakit tersebut.

Kanker paru-paru adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam jaringan paru-paru. Jika tidak segera diobati, pertumbuhan sel ini bisa menyebar ke luar paru-paru, menyerang jaringan di sekitarnya, lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kanker paru-paru biasanya diderita oleh para perokok dan menjadi penyebab hampir 1.370.000 kematian setiap tahun di seluruh dunia.

Berikut adalah beberapa gejala awal kanker paru-paru:

1. Batuk yang tidak pernah berhenti

Banyak orang mengabaikan batuk kronis. Mereka sering beranggapan bahwa batuk yang tidak pernah berhenti adalah alergi, sebuah sisa batuk setelah udara dingin atau batuk kering selama musim dingin.

Tapi batuk yang berlangsung lebih dari beberapa minggu bisa menjadi tanda sesuatu yang lain. Batuk kronis bisa jadi merupakan gejala awal dari kanker paru-paru. Batuk darah (hemoptisis) adalah gejala umum dari kanker paru-paru. Jika Anda mengalami batuk terus-menerus, lebih baik Anda segera mengunjungi dokter Anda dan meminta pendapat kedua jika Anda tidak mendapatkan jawaban yang jelas.

2. Sesak nafas saat melakukan aktivitas

Gejala awal lain yang umum dari kanker paru-paru adalah sesak napas ketika Anda sedang melakukan sesuatu dan jika Anda terus menerus merasakan hal ini setiap Anda melakukan aktivitas baik berat atau ringan lebih baik Anda segera mengunjungi Anda.

3. Nyeri atau sakit di bahu, dada dan tangan

Kanker paru-paru bisa menekan saraf, mengakibatkan rasa sakit di bahu, dada, punggung atau lengan bahkan sebelum mereka menyebabkan batuk atau kesulitan bernapas. Jika Anda merasakan sakit di salah satu daerah-daerah tubuh yang tampaknya tidak berkaitan dengan cedera, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Sebanyak 50 persen dari orang dengan kanker paru-paru memiliki rasa sakit pada dada atau nyeri bahu pada saat diagnosis, terutama nyeri yang disertai dengan batuk dan kesulitan bernapas.

4. Infeksi berulang seperti bronkitis dan pneumonia

Jika tumor terletak dekat jalan napas maka hal tersebut bisa menyebabkan obstruksi yang merupakan predisposisi Anda untuk infeksi ini. Jika bronkitis atau pneumonia seringkali kambuh maka segera konsultasi dengan dokter Anda. Infeksi berulang bisa disebabkan merokok atau kondisi seperti COPD, tetapi mereka juga bisa menjadi gejala awal dari kanker paru-paru.

 

Baca juga: Tips Mengenali Gejala Awal Stroke dengan Cepat

(Visited 51 times, 1 visits today)

Comments

comments