Komitmen Guru dan Masa Depan Bangsa

Guru MenulisPenulis : Dede Taufik, S.Pd.

Anggota Forum Gumeulis (Guru Menulis)

detaufik87@gmail.com


Pidipedia.com-Menjadi guru bukanlah sebuah pengorbanan, melainkan sebuah kehormatan. Itulah yang diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, dalam mengapresiasi para guru di seluruh Indonesia. Baik buruknya masa depan bangsa, tergantung bagaimana peran guru dalam menjalankan profesinya secara profesional.

Tanggung jawab seorang guru sangatlah besar, tidak bisa dijalankan dengan asal-asalan. Guru harus memiliki komitmen yang kuat untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas, yaitu cerdas secara intelektual dan berakhlak mulia. Meningkatkan kecerdasan intelektual dilakukan guru melalui fungsinya sebagai pengajar. Maksudnya, guru mengajarkan ilmu pengetahuan dengan menerapkan metode pembelajaran yang mudah dipahami oleh peserta didik.

Sementara menciptakan akhlak mulia, dilakukan oleh guru melalui fungsinya sebagai pendidik. Hal ini maksudnya adalah guru memberikan keteladan, baik dari segi ucapan, berpakaian, maupun perbuatan. Tentunya, peran guru disini merupakan figur yang patut “digugu dan ditiru”. Segala bentuk perilaku guru, akan menjadi contoh yang akan ditiru oleh seluruh peserta didik.

Menurut Park, komitmen guru merupakan kekuatan bathin yang datang dari dalam hati seorang guru dan kekuatan dari luar itu sendiri tentang tugasnya yang dapat memberi pengaruh besar terhadap sikap guru berupa tanggung jawab dan responsive terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Guru yang berkomitmen, akan terlihat dari bagaimana caranya memperlakukan peserta didik. Tingginya perhatian yang diberikan kepada peserta didik adalah salah satu ciri dari guru yang berkomitmen, seperti memberikan motivasi, membimbing, dan meneladani. Hal ini sesuai dengan konsep pendidikan yang telah dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani”.

Peran penting dari komitmen seorang guru dalam menjalankan tugasnya. Bukan hanya terpaku di lingkungan sekolah saja, melainkan dalam kehidupan sehari-hari. Suatu kepastian, jika sosok guru di mata masyarakat adalah figur yang dihormati dan disegani.

Harapan terbesar agar bisa terwujudnya masa depan bangsa yang gemilang, telah diamanatkan pada pundak guru selaku pelaksana pendidikan di sekolah. Untuk menumbuhkan komitmen guru tersebut, pemerintah berupaya meningkatkan kesejahteraan guru melalui sertifikasi dan kualitas guru melalui Diklat dan UKG.

Dengan begitu, mudah-mudahan seluruh guru yang ada di Indonesia memiliki komitmen yang kuat. Sehingga, masa depan generasi bangsa kita benar-benar gemilang. Masa depan yang penuh kebahagiaan dan kesuksesan. Semoga…


– Kolom Pena Sahabat –

Anda punya opini, puisi atau karya tulis lainnya yang ingin dimuat di Kolom Pena PidiPedia.com?

Kirim tulisan anda beserta nama lengkap + foto dan identitas lainnya yang ingin anda lampirkan.

kirim melalui email: pidipedia@gmail.com


(Visited 145 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *