Lebih Baik Mana, Makan Pakai Tangan Atau Pakai Sendok Dan Garpu?

Pidipedia.com-Mungkin saat ini kebanyakan orang menganggap bahwa makan dengan menggunakan tangan adalah suatu hal yang dianggap jorok/tidak higienis, norak bahkan malu dan gengsi karena terkesan kampungan.

Namun bagi sebagian orang masih mempertahankan tradisi makan dengan menggunakan tangan, itupun bila makan dirumah dan tidak untuk acara makan diluar seperti diacara pesta pernikahan atau acara pesta lainnya dan di Rumah makan atau tempat makan lainnya.

Padahal menurut para ahli dibidang kedokteran yang dilansir healthierwayoflife.com, disebutkan bahwa makan dengan menggunakan tangan lebih banyak manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh bila dibanding menggunakan sendok dan garpu. 

Selain  itu, makan dengan menggunakan jari tangan merupakan Sunnah Rasul. Diriwayatkan dari Ka’ab bin Malik, dari bapaknya, beliau mengatakan; “Rasulullah makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” (HR Muslim)

Terus apa saja manfaat makan dengan menggunakan tangan? Yuk langsung saja kita simak manfaatnya sebagai berikut:

1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi, terjadi karena penurunan produksi insulin dalam tubuh sehingga fungsinya tidak maksimal atau tubuh mulai menjadi kurang peka terhadap insulin. Reaksi ini dikenal dengan istilah resistansi terhadap insulin. Jenis ini biasanya menyerang orang-orang berusia di atas 40 tahun. Tetapi usia pengidapnya akhir-akhir ini bertambah muda. Diabetes tipe 2 juga lebih sering dialami oleh etnis Asia dibanding etnis lain.

Umumnya jika makan menggunakan garpu dan pisau, maka Anda makan lebih cepat daripada makan dengan tangan. Padahal makan dengan cepat beresiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. 

Faktanya, Anda bisa kenyang hanya dengan menyantap sepotong irisan makanan ketika makan dengan tangan Anda. Sementara jika makan menggunakan garpu, anda bisa saja mengambil 5 – 6 potong sekaligus.


2. Baik Untuk Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan

Hasil penelitian dalam ilmu kedokteran tersebut membuktikan bahwa, makan dengan jari-jari tangan bisa meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Ketika Anda mencuci tangan dengan sabun, semua bakteri jahat akan hilang, sedangkan bakteri baik tetap ada di tangan, yang bisa sangat sehat untuk usus Anda.

Selain itu, makan dengan jari-jari tangan bisa mengirimkan sinyal ke otak mengenai makanan yang Anda makan, apakah itu padat atau lembut, panas atau dingin, sehingga bisa lebih mempersiapkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan tersebut.


3. Membantu enzim RNAse mendegradasi RNA

Pada jari tangan terdapat suatu enzim RNAse yang mampu mengikat bakteri, sehingga tingkat aktivitasnya sangat rendah ketika masuk bersama makanan ke saluran pencernaan tubuh. Tujuan utama enzim RNAse adalah untuk mendegradasi RNA, sehingga yang tinggal dari sebuah sel hidup adalah DNA-nya. Enzim ini selalu ada dalam jari-jari dan telapak tangan manusia, sehingga proses penyuapan makanan ke dalam saluran pencernaan akan mengikutkan enzim yang bisa mengikat sel bakteri agar aktivitasnya tidak maksimal.

Begitu makanan masuk ke saluran pencernaan, maka enzim ini akan ikut mengikat pergerakan bakteri hingga ke saluran pembuangan. Sebaliknya, jika manusia makan menggunakan alat perantara seperti sendok, maka tidak ada yang bisa menahan laju aktifitas bakteri yang terkandung, baik di makanan atau alat makan itu sendiri.


4. Mampu Mengontrol Pola Makan

Orang yang makan dengan menggunakan tangan biasanya memiliki berat badan yang ideal karena mereka tidak makan terlalu banyak. Tentu saja hal ini sangat baik bagi anak-anak dan bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Saat makan menggunakan tangan, tentu kita akan terfokus dengan kegiatan/makan yang sedang kita lakukan, saat itu pula kita tidak dapat melakukan aktifitas lain karena jari-jari tangan kita kotor/banyak makanan yang menempel.

Biasanya orang-orang yang makan sambil melakukan kegiatan lain seperti menonton TV, pegang ini/itu akan makan lebih banyak daripada mereka yang fokus makan, sehingga kita tidak bisa mengontrol berapa banyak makanan yang telah kita makan.


5. Merupakan Sunnah Rasul

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa makan dengan megunakan tangan adalah Sunnah Rasulullah SAW yang telah mencontohkan kepada umatnya sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadist.

Diriwayatkan dari Ka’ab bin Malik, dari bapaknya, beliau mengatakan;

“Rasulullah makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” (HR Muslim)

Tiga jari yang dimaksud adalah, jari tengah, jari telunjuk, dan jempol, karena hal tersebut menunjukkan tidak rakus dan ketawadhu’an. Namun hal ini hanya berlaku untuk makanan yang bisa dimakan dengan menggunakan tiga jari. (Syarah Riyadhus shalihin Juz VII hal 243).


Jadi bagaimana, apa masih mau makan dengan menggunakan tangan?

Baca Juga:

(Visited 524 times, 2 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *