Makna Dibalik Tidak Adanya Sosok Ayah Pada Gambar Biskuit Khong Guan!

Like and Share

Pidipedia.com- Siapa sih yang tak kenal dengan biskuit khas lebaran yang satu ini! Ya, Biskuit Khong Guan yang satu ini seolah-olah telah menjadi ikon makanan khas di Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Karena kepopulerannya, makanan ini hampir selalu ada dan disajikan disetiap rumah pada hari yang fitri tersebut. Namun uniknya, terkadang kaleng tersebut bukan berisi biskuit lagi, tapi ketia dibuka isinya kadang rengginang, opak, keripik, kerupuk, kicimpring, dan makanan daerah lainnya. Karena bekas kaleng biskuit tersebut sangat bermanfaat dan sering digunakan sebagai toples makanan lain.

Tentunya saking seringnya kita melihat kemasan kaleng biskuit legendaris tersebut, mungkin ada hal yang bikin kamu penasaran, terutama jika melihat gambar yang ada pada kemasan tersebut yang menggambarkan suasana berkumpulnya keluarga yang sedang melaksanakan makan bersama antara Ibu, dan kedua anaknya namun tanpa dilengkapi oleh kehadiran sosok ayah.

Nah, pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa ya sang ayah tidak ada dalam gambar keluarga itu’?

Bernardus Prasodjo selaku pembuat gambar menyebutkan, “Keluarga Khong Guan adalah keluarga yang harmonis. Ayahnya tidak terlihat dalam gambar karena dia sedang memotret keluarga yang disayanginya.”

khongguan

Selain itu, ada desain lain yang dibuat untuk seri ‘Peter and Jane’ terbitan Ladybird Book yang menggambarkan sang ayah baru pulang dan dua anak menyambut sambil berlari dan ibunya berdiri di pintu.

Pria yang kuliahnya tidak selesai namun sempat mengajar graphic design, typography, dan reproduksi warna digital di LPKT Gramedia ini menggarap desain biskuit Khong Guan ketika ia berusia 24 tahun. Dari Bandung, Bernardus pindah ke daerah Roxy, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Di sini ia berjodoh dengan sebuah perusahaan separasi warna yang kemudian memintanya menggambar desain biskuit yang kini berusia 44 tahun itu.

ayah dalam biskuit khongguan

Pria yang sempat kuliah 2 tahun di Seni Rupa ITB ini mengaku, ide gambar Khong Guan bukan murni darinya, namun sudah ada contoh gambar tidak berwarna di kertas yang sudah lecek dan ia hanya mengubah seperlunya serta mewarnainya sesuai pesanan. Bernardus juga merupakan penggambar desain wafer Nissin.


Baca juga yang ini!

Like and Share

(Visited 571 times, 1 visits today)

Silakan beri komentar anda!

tulis komentar . . .

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares