Membongkar Formasi PNS Bagi Sarjana Cumlaude

Pidipedia.com-Adanya kebijakan pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dari sarjana cumlaude sebagaimana disebut oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Menjadi topik hangat di lingkungan masyarakat, baik karena disebarkan di media massa maupun media sosial. Dalam menyikapi kebijakan tersebut, pastinya tak pernah lepas dari pro dan kontra.

Herman Suryatman, selaku Juru Bicara Menteri PANRB, menjelaskan bahwa rencana yang dimaksud akan digulirkan dalam koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ia juga memastikan jika implementasi kebijakan tersebut, selain didasarkan kepada peraturan perundang-undangan, juga akan mempertimbangkan kebutuhan objektif hasil analisis jabatan dan analisis beban kerja dalam kerangka peningkatan kualitas birokrasi pemerintahan.

Kebijakan Menteri PANRB dalam memberikan apresiasi dan ruang kepada putra/putri lulusan terbaik tersebut, pastinya akuntabel serta memperhatikan aspek legalitas. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri PANRB Nomor 26 Tahun 2014 tentang Formasi Khusus ASN Kementerian/Lembaga TA 2014, bahwa yang dimaksud formasi untuk putra/putri lulusan terbaik, diantaranya adalah :


  1. Lulusan dari Perguruan Tinggi yang Terakreditasi A dan Program Studi Terakreditasi A;
  2. Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  3. Predikat Lulusan Cumlaude/dengan Pujian.

Selain kriteria objektif di atas, teknis pelaksanaan pengadaan formasi putra/putri lulusan terbaik, nantinya akan dikoordinasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Panitia Seleksi Nasional, baik terkait tata cara seleksi maupun persyaratan administratif lainnya.

Pada umumnya, pelaksanaan pengadaan ASN dari jalur formasi untuk putra/putri lulusan terbaik, sama halnya dengan dari jalur umum. Ada passing grade-nya juga, namun yang membedakan hanya persyaratan administratif serta kepesertaan seleksi, yakni dikompetisikan sesama lulusan terbaik.

Pada Peraturan Menteri PANRB No. 26/2014, selain formasi bagi putra/putri lulusan terbaik, ada juga formasi untuk sarjana mengajar di tempat terdepan, terluar dan tertinggal (SM3T); formasi untuk atlit berprestasi dan pelatih berprestasi; formasi untuk putra/putri papua; serta formasi disabilitas.

(Visited 119 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *