Menarik Juga Melihat Budaya dan Kebiasaan Unik Orang Vietnam!

Next>>>

Like and Share

Pidipedi.com-Vietnam merupakan negara dengan pertumbuhan tercepat kedua di Asia Timur dan pertama di Asia Tenggara. Vietnam termasuk di dalam grup ekonomi “Next Eleven”; menurut pemerintah, GDP Vietnam tumbuh sebesar 8.17% pada tahun 2006, dengan populasi sekitar 84 juta jiwa. Maka dari itu, negara ini memang sedikit menarik untuk kita bahas tentang bagaimana kebiasaan sehari-hari masyarakatnya.

Namun setelah ditelusuri, ternyata terdapat banyak hal, budaya atau kebiasaan-kebiasaan aneh dan unik dari warga Vietnam tersebut. Apa saja? Tentunya cukup menarik untuk kita simak. Berikut diantaranya:


1. Warga Vietnam tidak beragama, tapi kuil Budha ada dimana-mana! kok bisa?

vietnam tak beragama

Seperti yang kita ketahui, bahwa Vietnam merupakan negara komunis dimana 90% warganya akan menjawab tak beragama bila ditanya. Tetapi uniknya tempat sembahyang selalu ada hampir disetiap rumah disana. Selain itu, terdapat banyak kuil Budha yang tersebar disetiap lokasi / kota.

Uniknya lagi, disana banyak terdapat patung Buddha.yang tersebar diberbagai taman hiburan. Maksudnya agar.para pengunjung bisa berdoa di depan patung Buddha yang suci. Setelahnya mereka akan langsung menaiki wahana yang terdapat di sana. Mungkin maksudnya biar selamat gitu saat bermain.

Jadi kesimpulannya mereka beragam apa tidak? unik juga kan!


2. Orang Vietnam selalu mempunyai nama ke-2

nama ke 2

 

Berhubung nama orang Vietnam terdengar asing dan sulit untuk disebutkan oleh lidah orang Eropa dan negara lainnya, maka hampir setiap orang yang berada diperkotaan terutama para pekerja wisata di Hanoi, mereka memiliki nama ke-2 agar lebih mudah dipanggil atau diucapkan oleh orang asing. Nama ke-2 yang digunakan biasanya memakai nama-nama populer Eropa/ Amerika, seperti James, Thomas, dan lain-lain.


3. Ciri khas rumah orang Vietnam yaitu kecil tapi tinggi

rumah

Bentuk rumah di Vietnam kebanyakan kecil, hanya selebar empat meter tetapi dibuat menjulang sangat tinggi bahkan bisa sampai tujuh lantai. Hal ini karena tanah di Vietnam terutama di perkotaan sangat mahal, sehingga tanah warisan dibuat tinggi keatas dengan harapan dapat menjadi tempat tinggal bagi seluruh keluarga.


4. Kebiasaan unik warganya yang selalu memakai piyama di segala suasana

piyama vietnam

Model baju piyama, lazimnya dipakai khusus untuk tidur malam. Namun di Vietnam model baju ini telah menjadi fashion yang sangat populer, terutama di wilayah pedesaan. Piyama biasa dipakai oleh laki-laki maupun perempuan saat mereka bekerja di luar atau di dalam rumah. Memakai piyama di segala suasana di Vietnam adalah normal. Biasanya piyama mempunyai motif bunga-bunga yang dipadu dengan celana panjang yang longgar.


5. Di warung makan, kursi dijadikan sebagai meja makan

kursi makan

Ternyata bukan hanya di Indonesia, dinegara ini juga banyak sekali warung/tempat makan yang berada dipinggir jalan. Namun bedanya terdapat pada meja dan kursi yang disediakan oleh pemilik warung makan. Disana, hampir semua warung menggunakan meja dan kursi plastik yang ukurannya kecil, bahkan sudah biasa jika kursi dijadikan sebagai meja tempat makan mereka.


6. Kuburan leluhurnya biasa ditempatkan ditengah sawah

kuburan ditengah sawah

Bagi warga Vietnam yang berprofesi sebagai petani atau mereka yang memiliki sawah, sudah menjadi tradisi bila menempatkan makam leluhurnya ditempatkan ditengah sawah. Hal ini karena para orang tua berusaha mempertahankan sawah ladangnya agar tidak dijual oleh anak cucunya. Boleh juga tuh!


7. Kabel listrik yang semrawut

kabel listrik

Kabel-kabel listrik yang bergelantungan disepanjang trotoar kota di Vietnam, nampaknya bukanlah permasalahan besar disana. Namun uniknya, walau terlihat semrawut seperti benang kusut, tapi kabel-kabel tersebut aman dan terhubung antara yang di atas dengan yang di bawah tanah.

Like and Share

(Visited 3.194 times, 1 visits today)

Silakan beri komentar anda!

tulis komentar . . .

Next>>>

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares