Mengunggah Foto Liburan Bisa Memicu Kecemburuan Sosial

Pidipedia.com – Di zaman sekarang ini, semakin banyak orang yang mengunggah foto liburan mereka yang mewah dan indah untuk dipamerkan di media sosial. Orang-orang seakan berlomba untuk saling unjuk eksistensi mereka dan menunjukkan bahwa hidup mereka lebih baik daripada orang lain. Apakah hal tersebut baik-baik saja untuk dilakukan?

Sebuah studi menunjukkan bahwa foto jalan-jalan yang diunggah ke media sosial adalah kontributor utama mengapa seseorang merasa ‘gerah’, iri dan punya perasaan negatif saat sedang membuka media sosial.

Iri hati adalah penyebab mengapa banyak orang mengunggah foto mereka di media sosial. Lama kelamaan hal tersebut akan berdampak negatif pada kesehatan mental penggunanya. Para peneliti juga mengatakan bahwa Facebook bisa membuat penggunanya merasa hidup mereka selalu dibandingkan dengan orang lain.

Kemudian, mereka bereaksi dengan cara mengunggah foto lain yang dianggap bisa memproyeksikan diri terbaik mereka. Dengan kata lain ada persaingan yang terjadi untuk menunjukkan kemampuan dan diri terbaik dengan teman-teman di media sosial serta membuat orang lain merasa buruk.

Dan foto-foto liburan adalah satu di mana mereka menganggap kondisi terbaik diri mereka. Siapa yang tak iri melihat foto liburan orang lain ke tempat yang indah yang mungkin telah lama diimpikan?

Seorang profesor di University of British Columbia, Izak Benbasat, mengungkapkan bahwa hal ini membuat orang menggambarkan kehidupan mereka dengan tak realistis.

Baca juga!

(Visited 58 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *