Mengungkap 10 Mitos Dan Kebohongan Yang Terjadi Pada Perang Vietnam

Pidipedia.com-Perang Vietnam atau disebut juga Perang Indocina Kedua, adalah sebuah perang saudara yang terjadi di Vietnam pada tahun 1957 dan 1975. Perang ini merupakan bagian dari Perang Dingin antara dua kubu ideologi besar, yaitu antara Komunis (Vietnam Utara) dan Liberal (Vietnam Selatan).

Ketenaran perang Vietnam cukup membuat dunia tercengang, pasalnya pasukan Vietnam mampu memukul mundur pasukan Amerika yang dikenal sebagai negara adidaya tersebut. Perang ini masih dikenang sebagai peristiwa yang sangat menghantui Amerika. Banyak mitos dan kebohongan yang beredar pada saat Perang Vietnam, apa saja itu? Yuk langsung saja kita simak berikut ini.


1. Perang Vietnam hanya perang kecil dan tidak sehebat Perang Dunia II

perang vietnam

 

Siapa bilang perang Vietnam tidak sehebat PD-II? Perlu anda ketahui bahwa rata-rata prajurit infanteri Perang Dunia II hanya terlibat perang secara langsung selama 40 hari dalam kurun waktu 4 tahun. Bandingkan dengan prajurit Perang Vietnam yang bertempur selama 240 hari dalam waktu 1 tahun saja. Satu dari sepuluh prajurit Amerika tewas dengan total korban jiwa dari pihak Amerika berjumlah 58.148 orang. Persentasi prajurit yang diamputasi dan cacat juga 300% lebih tinggi dari Perang Dunia II. Total seluruh korban jiwa dari semua pihak mencapai angka 1.5 juta sampai 3.6 juta orang.


2. Tidak ada efek domino

perang vietnam

Jika komunis menang, maka tidak ada efek atau hubungannya dengan negara-negara lain. Sebenarnya negara ASEAN seperti Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand tidak menjadi negara komunis karena Amerika memenangkan perang ini. Indonesia mempu melempar Uni Soviet keluar pada tahun 1966 juga karena kemenangan Amerika di Vietnam.


3. Tentara Amerika yang tewas berasal dari wajib militer

perang vietnam

Tentara Amerika bukanlah sepenuhnya berasal dari pemuda-pemudi yang wajib militer. Sebagian besar kira-kira dua pertiga dari jumlah tentara berasal dari sukarelawan, alias orang-orang yang secara sukarela mendaftarkan dirinya sendiri untuk dikirim ke Vietnam. Sekitar 70% korban jiwa berasal dari para sukarelawan ini.


4. Veteran Perang Diludahi di Negaranya Sendiri

perang vietnam

 

Dalam kasus ini, para demonstran anti-perang dan pengunjuk rasa menunggu di bandara sampai para veteran perang mendarat hanya untuk meludahi mereka. Sungguh mengenaskan, para tentara yang kecapaian dan berjuang untuk negaranya malah diludahi di negara mereka sendiri.

Tapi jangan emosi dulu, tidak pernah ada laporan bahwa kejadian seperti ini pernah terjadi. Sepertinya ini hanya cerita yang dibuat-buat sebagai bentuk unjuk rasa saja. Lagipula, penerbangan militer tidak mendarat di bandara sipil, melainkan di pangkalan militer.


5. Perang Gerilya Dengan Persenjataan Komunis Yang Minim

perang vietnam

Untuk yang satu ini mungkin Anda sering lihat di film-film Hollywood. Tentara Amerika dilengkapi oleh peralatan canggih dan persenjataan yang hebat, sementara pihak Vietnam Utara hanya bermodalkan perangkap, memakai bandanna dan menggenggam AK-47.

Pihak komunis memang menggunakan taktik gerilya, namun bukan berarti mereka tidak terlatih atau tidak memiliki persenjataan yang memadai. Uni Soviet mengirim tank, senjata anti-pesawat, dan artileri berat untuk pihak Vietnam Utara. Dan perangnya sendiri juga tidak hanya terjadi di hutan, lama-kelamaan perang menjadi lebih terbuka dan berubah menjadi pertempuran luar biasa yang melibatkan tank dan artileri antara kedua belah pihak.


6. Amerika Tidak Pernah Kalah di Vietnam

perang vietnam

Ada sebuah kutipan terkenal antara seorang jenderal Amerika dan Vietnam Utara. Setelah perang berakhir, jenderal AS Harry Summers berkata, “Kamu (Vietnam) tidak pernah mengalahkan kita di medan perang”, yang lalu dibalas oleh pihak Vietnam, “Mungkin saja begitu, namun itu tidak penting”.

Pernyataan tersebut melahirkan sebuah legenda yang mengatakan bahwa Amerika tidak pernah kalah dan menyerah sekalipun di Vietnam. Sebenarnya, pihak komunis telah menang beberapa kali dan yang paling terkenal adalah pertempuran Fire Base Ripcord, dimana Amerika mampu menutup-nutupinya selama bertahun-tahun.


7. Perang Hanya Berlangsung di Vietnam

perang vietnam

Namanya saja Perang Vietnam, sudah pasti kejadiannya hanya berlangsung di Vietnam. Salah. Negara tetangga seperti Laos dan Kamboja turut menjadi korban perang ini. Bahkan banyak dari bom Amerika/Vietnam jatuh di negara tersebut dan efeknya masih sampai hari ini. Laos sebenarnya adalah negara yang paling banyak di bom sepanjang sejarah. Kamboja juga tidak lebih baik karena diserbu beberapa kali oleh Amerika dan Vietnam Selatan.


8. Seorang Biksu Membakar Dirinya Sendiri Untuk Protes Perang

perang vietnam

Ini hanyalah salah satu foto paling ikonik yang pernah diambil. Ia adalah biksu bernama Thich Quang Duc yang membakar dirinya sendiri sebagai bagian dari protesnya akan Perang Vietnam di jalan utama Saigon. Begitulah berita yang banyak ditampilkan media.

Kenyataannya tidak begitu, Thich Quang Duc melakukan aksi tersebut untuk menunjukan protesnya terhadap kebijakan anti-Buddha pada pemerintahan Diem.


9. Hanyalah Amerika dan Vietnam Yang Terlibat

perang vietnam

Sebenarnya ini adalah perang antara Vietnam Selatan dan pihak komunis Vietnam Utara. Meski kuat kaitannya dengan Amerika, kenyataannya banyak pihak yang juga terlibat dalam perang ini termasuk Australia, Selandia Baru, Thailand, Taiwan, Filipina, dan Korea Selatan. Dan bantuan untuk pihak komunis datang dari Cina, Uni Soviet, dan Korea Utara.


10. Anak-anak Ini Menangis Karena Bom Amerika

perang vietnam

Anda dapat melihat gadis kecil tanpa busana dan anak laki-laki sedang menangis dengan raut muka yang sungguh mengenaskan. Banyak yang berasumsi bahwa mereka diliputi teror sedemikian rupa karena pihak Amerika menjatuhkan bom di tempat tinggal mereka. Namun sebenarnya bom dijatuhkan oleh angkatan udara Vietnam Selatan. Veteran Perang Vietnam bernama John Plummer juga mengakui hal ini.


Baca juga:

(Visited 751 times, 12 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *