Menstruasi sering terlambat? Inilah Alasannya

Pidipedia.com-Menstruasi merupakan peristiwa alamiah bagi para wanita dalam setiap bulannya. Tidak ada sesuatu yang paling menakutkan untuk wanita, selain terlambatnya waktu menstruasi tersebut. Terkecuali, bagi para wanita yang sedang melaksanakan program kehamilan.

Akan tetapi, apakah kehamilan sebagai satu-satunya alasan bagi kamu jika terlambat mens? Di bawah ini merupakan 5 hal yang menjadi alasan kenapa menstruasi bisa terlambat di setiap bulannya.

1. Terlalu gemuk

Mempunyai berat badan gemuk atau berlebihan, bisa merubah produksi hormone. Bahkan bisa jadi dapat menghentikannya. Sebagian besar dari para wanita yang mengurangi berat badannya agar bisa menjaga siklus menstruasi untuk tetap stabil. Tetapi, beberapa dari mereka juga ada yang jadwal menstruasinya tak berubah meskipun mengalami kenaikan berat badan.

2. Terlalu kurus

Mempunyai berat badan kurus atau di bawah normal, bisa mengakibatkan berhentinya siklus menstruasi. Peristiwa itu dinamakan sebagai Amenore, yaitu ketiadaan periode menstruasi secara sementara ataupun permanen. Kamu bisa keluar dari situasi tersebut, apabila menambahkan berat badan kamu.

3. Stres

Stress adalah suatu hal yang dapat merubah kondisi badan setiap orang, termasuk juga siklus menstruasi. Kadang-kadang, apabila kita terlalu stres, hormon (GnRH) yang terdapat pada tubuh akan berkurang. Hal itu bisa menjadi alas an, kenapa waktu datang bulan kamu menjadi mundur. Datang ke dokter bisa menjadi sebuah solusi, meskipun terkadang butuh beberapa bulan untuk mengembalikan siklusnya ke semula lagi.

4. Perubahan jadwal

Jadwal bekerja yang secara tiba-tiba berubah, sebenarnya bisa memberikan pengaruh pada kondisi tubuhmu. Misalnya saja, bos kamu mengganti jam kerja kamu menjadi siang hingga malam hari. Padahal, saat bulan lalu kamu selalu bekerja di pagi hari hingga sore. Tentunya, hal itu pun bisa membuat jadwal menstruasimu juga ikut berubah.

5. Peri-menopause

Mungkin saja, dari kamu telah meninggalkan usia reproduktif dan memasuki era non-reproduktif. Apabila hal itu terjadi, maka siklus menstruasi kamu akan menjadi jarang sekali. Tetapi apabila kamu sudah tak ingin memiliki anak lagi, teruskanlah mengonsumsi pil KB, karena masih ada beberapa kemungkinan untuk kamu bisa hamil.

Baca Juga!

APA ITU KEPUTIHAN FISIOLOGIS DAN PATOLOGIS? YUK CARI TAHU PERBEDAANNYA

HATI-HATI DENGAN WANITA YANG SEDANG “PMS”

9 TIPS MERAWAT ORGAN INTIM WANITA

(Visited 28 times, 1 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *