Misteri Gunung-gunung Paling Keramat di Indonesia

Pidipedia.com-Dewasa ini mendaki gunung bukan hanya menjadi hobi kelompok  tertentu saja, namun sudah menjadi tren yang sangat mainstream di kalangan anak muda maupun dewasa. Tidak jarang banyak orang yang menghabiskan liburanya di sebuah gunung, jarak tempuh, biaya, maupun kondisi cuaca sekalipun bahkan tak menghalangi tujuannya itu. Namun perlu anda ketahui bahwa masing masing gunung mempunyai cerita-cerita mistis dan dikeramatkan oleh penduduk sekitar gunung,  yang tentunya membuat kita berfikir percaya tidak percaya. Berikut ini beberapa gunung yang paling dikeramatkan di Indonesia :


Gunung Lawu di Jawa Timur

gunung-lawu

Gunung Lawu yang terletak di perbatasan jawa tengah dan jawa timur ini memiliki tinggi 3.265 meter. Gunung Lawu dianggap sebagai gunung  berapi yang masih beristirahat, karena sudah lama tidak meletus. Gunung Lawu terkenal dengan julukan Seven Summits of Java (Tujuh Puncak Pulau Jawa) yang memiliki 3 puncak yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah. Masyarakat jawa menganggap ketiga puncak Lawu tersebut adalah tempat yang sakral. Hargo Dalem dianggap sebagai tempat pamokasan Raja Majapahit yang terakhir, Prabu Bhrawijaya Pamungkas. Hargo Dumiling sebagai temapat pamokasan Ki Sabdopalon yang merupakan abdi setia dari Prabu Bhrawijaya Pamungkas. Sedangkan yang terakhir Hargo Dumilah dianggap misterius karena sering dijadikan sebagai tempat ajang olah batin dan meditasi, dijaga oleh dua makhluk gaib yakni Dipa Menggala dan Wangsa Menggala. Konon kedua penjaga ini tadinya adalah kepala dusun di sekitar kaki Gunung Lawu yang menemani Prabu Brawijaya Pamungkas saat mengasingkan diri di gunung tersebut. Karena kesetiaannya saat menemani Prabu Brawijaya Pamungkas, mereka diangkat  menjadi penguasa Gunung Lawu dan menjadi pimpinan dari semua makhluk gaib.


Gunung Arjuno di Jawa timur

gunung-arjuno

Gunung Arjuno memiliki tinggi 3.339 meter. Gunung ini terletak di malang, jawa timur . Gunung Arjuno memiliki banyak sekali petilasan-petilasan peninggalan kerajaan  Majapahit. Sangking angkernya gunung Arjuno bahkan di percaya jika ada pendaki yang sembrono mereka akan tersesat dan tidak akan bisa pulang selamanya. Tempat yang paling dianggap angker adalah Alas lali jiwo atau hutan lupa diri. Alas lali jiwo terletak sebelum puncak Arjuno, jika pendaki memiliki niat buruk dia akan tersesat dan lupa diri. Banyak kepercayaan aneh di masyarakat sana, seperti jumlah pendaki tidak boleh ganjil, pendaki tidak boleh memakai baju berwarna merah dan lain sebagainya. Beberapa ahli spiritual yakin kalau Alas Lali Jiwo dihuni kaum jin. Bahkan banyak pendaki yang bersaksi kalau mereka mendengar suara gamelan yang kemudian menghilang. Termasuk dengan adanya pasar setan di daerah itu. Untuk itu, warga selalu mengingatkan para calon pendaki untuk senantiasa bersikap baik dan juga menjauhkan pikiran-pikiran negatif saat dalam perjalanan. Faktor keselamatan juga harus benar-benar diperhatikan.


Gunung Salak di Jawa Barat

Gunung-Salak

Gunung salak terletak di Kabupaten Bogor, Jawa barat dan merupakan gunung yang sering kali didaki oleh para pendaki gunung. Nama Salak berasal dari nama SALAKA yang artinya PERAK. Yang membuat gunung salak ini angker adalah terdapatnya makam mbah gunung salak di puncak gunung salak. Pada makam tersebut terdapat tulisan dengan bahasa jawa kasar, agar para pendaki bersikap sopan dan wanita di larang mendaki. Jatuhnya pesawat SSJ-100 di kawasan ini, menyisakan banyak pengalaman mistis tersendiri bagi team evakuasi.  Ada kasus dimana helicopter terpaksa mendaratkan logistic di dekat makam ini. Tak dinyana, lemparan perbekalan dari helicopter sempat menghantam sisi makam. Mendadak saat itu juga terjadi keanehan. Cuaca menggelap, kabut bergulung-gulung menyelimuti puncak Manik tempat makam mbah Salak berada. Suasanapun terasa sangat mistis mencekam. Untuk mendaki gunung salak di butuhkan keberanian karena para pendaki akan melewati kampung setan.


Gunung Cikuray di Jawa barat

gunung-cikuray

Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi yang ada di Garut, Jawa barat. Tinggi gunung Cikuray mencapai 2.818 meter. Yang menjadikan gunung ini angker karena adanya makam keramat dan letak makam tersebut ada di dua tempat yaitu di daerah puncak bayangan atau di pos 6, dan makam yang paling sakral yaitu makam sesepuh Cikuray ada di puncak gunung itu sendiri. Dipercaya jika petang menjelang sering muncul penampakan hantu perempuan dengan wajah gelap berbaju putih yang kerap mengganggu para pendaki. di sana pula juga terdapat sebuah candi dengan tinggi ukuran kurang lebih setengah meter dan lebar 30 cm di daerah puncak bayangan, menurut mitosnya ketika kita bisa mengangkat candi tersebut, maka kita akan (Meunnang Milik) mendapatkan hoki. Ada juga beberapa pendaki yang pernah bertemu dengan pendaki yang diam saja, disapa pun tidak menjawab, hanya diam di laju tersebut, ada juga yang pernah melihat sosok mahluk besar berbulu saat di tempat camp.


Gunung Merapi di Yogyakarta

gunung-merapi

Semua masyarakat Indonesia pasti kenal dengan gunung Merapi, gunung yang paling aktif di indonesia. Kengerian gunung berapi tidak hanya dari lava panas yang dikeluarkannya, namun ternyata gunung berapi juga merupakan istana makhluk halus. Bahkan penembahan sinopati sang pendiri kerajaan Mataram berhasil mengalahkan kerajaan pajang karena di tolong oleh penguasa merapi. Lokasi yang dianggap paling angker adalah kawah merapi yang merupakan istana para setan. Dan puncak merapi yang berupa bebatuan pasir yang bernama Pasar Bubrah di tempat ini juga merupakan tempat berkumpulnya para makhluk halus.


Baca Juga:

(Visited 1.593 times, 6 visits today)

Comments

comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *