Negara-Negara Maju Ini Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik Dunia

Next>>>

Like and Share

Pidipedia.com-Pendidikan memiliki peran penting bagi kemajuan dan perkembangan sebuah bangsa, maka dari itu setiap bangsa terus berlomba untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negaranya, agar anak-anak mereka yang bakal menjadi generasi penerus bangsa dapat menjadi manusia cerdas dan berkualitas untuk bisa membangun bangsa dan negaranya lebih maju dan mendapatkan kehidupan yang layak.

 

Di Indonesia sendiri, Pemerintah berupaya melakukan beragam program dengan berbagai terobosan untuk mendorong kemajuan pendidikan, dengan semangat untuk menghasilkan manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur dan berkarakter. Namun hingga saat ini Indonesia masih belum bisa dikatakan berhasil dalam membangun sistem pendidikannya yang berkualitas, bahkan saat ini kualitas pendidikan Indonesia berada diurutan bawah dan hanya unggul satu peringkat diatas Ghana

The Social Progress Imperative, yaitu sebuah lembaga penelitian telah merilis hasil penelitiannya tentang tingkat pendidikan dasar di seluruh dunia melalui Index Kemajuan Sosial. Dari hasil penelitian tersebut terdapat 20 Negara dengan sistem pendidikan terbaik di Dunia, bahkan beberapa negara Asia terus mengalami pertumbuhan dari segi kualitas pendidikannya. Ini terukur dari beberapa faktor seperti tingkat keaksaraan dewasa, kemauan pendaftaran ke sekolah dasar, kemauan pendaftaran ke sekolah menengah, dan kesetaraan gender di dalam pendidikan. 20 Negara tersebut yaitu:


1. Korea Selatan

Sistem Pendidikan Tiap Negara

Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa Sistem Pendidikan Korea Selatan berada pada posisi 1 terbaik di dunia. Korea mengalahkan Jepang yang meskipun investasi dalam pendidikan anak usia dini cukup tinggi tetapi masih belum mampu mengimbangi model pendidikan Korea Selatan yang bahkan memberlakukan lama belajar selama tujuh hari kerja. Di samping itu Anggaran pendidikan nasional pada tahun 2014 diperkirakan mencapai hingga 11 Miliar US Dollar atau setara 150 Triliun Rupiah. Tingkat melek huruf total adalah 97,9% dengan komposisi, laki-laki 99,2% dan 96,6% perempuan.


2. Jepang

Sistem Pendidikan

Struktur pendidikan berbasis teknologi telah menjadikan Jepang sebagai salah satu negara dengan beberapa kemauan riset yang tak pernah surut, selain itu Bangsa Jepang juga terkenal sangat menghargai tradisi sehingga tak heran melahirkan tokoh besar dalam pengetahuan dan wawasan yang bisa menjadi Guru Bangsa. PDB (Pendapatan Domestik Bruto) Negara Jepang yang hampir 5,96 Triliun USD tentu membuktikan klaim tersebut lebih lanjut.


3. Singapura

Sistem Pendidikan

Negara tetangga Indonesia ini menjadi salah satu Negara dengan Sistem pendidikan terbaik dunia, bahkan pendidikan di Singapura berada pada posisi terbaik di Asia Tenggara. Hal itu dikarenakan mereka fokus dalam mengembangkan pendidikan dasarnya yang kuat dan maju.


4. Hongkong

Sistem Pendidikan

Manajemen pendidikan di Negara Hongkong mengadopsi model pendidikan UK yang menjadikan Hongkong sebagai salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik dunia. Faktor tersebut ditunjang dengan jumlah anggaran pendidikan yang dikeluarkan dinegara tersebut cukup tinggi, ditambah dengan kurikulum mulai pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang sangat berbasis pada fakta dan dunia kerja tentu semakin mendukung berkembangnya pendidikan. Alasan lain tentu terkait dengan tingginya angka orang yang melek huruf yang mencapai 94,6%.


5. Finlandia

Sistem Pendidikan

Beberapa waktu ini, Sistem Pendidikan di Finlandia sealalu bercokol pada urutan teratas terbaik dunia. Namun setelah dilakukan penelitian terbaru ini, posisi Finlandia turun hingga berada pada urutan 6 terbaik Dunia. Ini terjadi karena pengaruh dari berubahnya beberapa kebijakan pemerintah semisal penghapusan program kuliah gratis turut berperan dalam kemunduran yang terjadi.


6. Inggris Raya (UK)

Sistem Pendidikan

Salah satu faktor penunjang kemajuan pendidikan di negara ini yaitu sistem otonomi pendidikan yang menjadikan perbedaan sistem penyelenggaraan pendidikan. Seperti misalnya di Skotlandia, Welsh, Irlandia dan Inggris Utara dianggap berperan dalam kemunduran sistem pendidikan di seluruh wilayah Kerajaan.


7. Kanada

Sistem Pendidikan

Kalender pendidikan di Kanada bervariasi antara 180-190 hari, memberikan hasil yang mengesankan dengan kualitas lulusan terutama perguruan tinggi yang sangat produktif dan kompetitif, selain itu fokus pemerintah dalam pendidikan Anak Usia dini juga turut membantu majunya pendidikan di Negara ini.


8. Belanda

Sistem Pendidikan

Rendahnya investasi di bidang pendidikan, perencanaan dan manajemen pendidikan utamanya di sektor pendidikan sekolah tinggi, telah menempatkan Belanda pada urutan ini.


9. Irlandia

Sistem Pendidikan

Meski tingkat melek huruf yang mencapai 99% untuk pria dan wanita, tidak adanya biaya pendidikan mulai dari tingkat awal, menengah hingga perguruan tinggi, ternyata belum mampu menjadikan salah satu negara di wilayah Kerajaan Inggris ini mencapai rangking yang lebih baik.


10. Polandia

Sistem Pendidikan

Kementerian Pendidikan Polandia telah merancang satu model Pendidikan menjadi bisnis Pendidikan di negara ini. Ini menyebabkan tingginya tingkat investasi di Bidang Pendidikan yang meletakkan negara ini terbaik ke 4 di Eropa dan ke 10 di Dunia.

 

Yuk Lanjutkan di Halaman Berikutnya . . .

>>>

Like and Share

(Visited 4.683 times, 6 visits today)

Silakan beri komentar anda!

tulis komentar . . .

Next>>>

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares